7 Tips Sahur Agar Tidak Dehidrasi saat Berpuasa

Riska Fitria - detikFood Kamis, 15 Apr 2021 04:00 WIB
7 Tips Sahur Agar Tidak Dehidrasi saat Berpuasa Foto: iStock
Jakarta -

Berpuasa seharian penuh bisa jadi tubuh mengalami dehidrasi. Karenanya perhatikan beberapa tips sehat saat sahur ini agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kekurangan cairan. Kondisi tersebut kerap dialami oleh setiap orang yang sedang berpuasa. Jika dibiarkan terus, dehidrasi dapat mengganggu ibadah berpuasa.

Salah satunya tubuh terasa lemas. Nah, perlu diketahui bawah dehidrasi dapat dicegah dengan memilih jenis makanan yang sehat. Pemilihan jenis makanan itu dilakukan saat sahur.

Dilansir dari Hindustan Times (12/04) berikut 7 tips sahur sehat agar tidak dehidrasi saat berpuasa:

1. Minum Air yang Cukup

tips makan sahur agar tidak cepat lapar 7 Tips Sahur Agar Tidak Dehidrasi saat Berpuasa Foto: istock

Cara sederhana dan penting untuk menjaga tubuh agar tetapterhidrasi adalah minum cukup air selama sahur. Menurut beberapa penelitian, minimal 2 liter air dapat membantu kamu tetapterhidrasi sepanjang berpuasa.

Namun, kamu juga harus memperhatikan cara minum. Jangan langsung ditelan semuanya sekaligus, melainkan minum secara bertahap. Selain itu, hindarilah mengonsumsi kafein secara berlebih, seperti kopi maupun teh.

Sebab kafein memiliki sifat diuretik yang dapat meningkatkan proses urine. Dengan begitu, tubuh akan menaikkan frekuensi buang air kecil, sehingga membuat tubuh kehilangan banyak cairan.

2. Makan Makanan yang Kaya Serat

7 Tips Sahur Agar Tidak Dehidrasi saat Berpuasa7 Tips Sahur Agar Tidak Dehidrasi saat Berpuasa Foto: iStock

Jika kamu berpikir bahwa saat sahur harus makan dalam porsi yang banyak agar tubuh terhidrasi dan berenergi, berarti kamu salah. Makan banyak tidak menjamin dapat menahan puasa dengan baik.

Kuncinya saat sahur adalah mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Makanan yang kaya serat akan membuat kamu kenyang lebih lama lagi, sehingga tubuh bisa berenergi meski berpuasa seharian penuh.

Kamu bisa memilih sayur hijau untuk mendapatkan asupan serat. Selain serat, sayuran hijau juga memiliki kadar air yang banyak. Misalnya seperti selada, bayam, kangkung, kale dan lainnya.

Baca Juga : 5 Tips Sahur agar Puasa Tak Cepat Lapar

3. Konsumsi Kurma

7 Tips Sahur Agar Tidak Dehidrasi saat Berpuasa7 Tips Sahur Agar Tidak Dehidrasi saat Berpuasa Foto: iStock

Mengkonsumsi kurma saat sahur merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW. Selain karena khasiatnya, makan kurma saat sahur bahkan bisa mendatangkan pahala. Secara ilmiah, kurma dianggap penting selama puasa karena kaya nutrisi.

Nutrisi yang terkandung dalam kurma adalah tembaga, selenium dan magnesium. Selain itu, kurma juga kaya akan vitamin K yang baik untuk kesehatan tulang.

Nutrisi tersebut membantu sel tubuh menyimpan cairan karena merupakan sumber alami glukosa. Dengan mengonsumsi kurma dapat meningkatkan penyerapan natrium dan air di usus.

4. Konsumsi Yogurt

Yogurt bisa menjadi pilihan sehat untuk sahur. Secara ilmiah, makan yogurt saat sahur bermanfaat membantu menenangkan perut. Selain itu, juga dapat mencegah keasaman yang pada akhirnya mencegah tubuh dehidrasi.

5. Makan Apel dan Pisang

7 Tips Sahur Agar Tidak Dehidrasi saat Berpuasa7 Tips Sahur Agar Tidak Dehidrasi saat Berpuasa Foto: iStock

Buah pisang dan apel direkomendasi karena buah tersebut menambah serat pada makanan. Bukan hanya itu, kedua buah tersebut juga rendah kalori dan tinggi nutrisi. Mulai dari serat, vitamin C dan berbagai antioksidan.

6. Hindari Makanan Asin, Pedas, dan Manis

Menghindari makanan asin, pedas, dan manis dapat membantu tubuh tidak gampang harus. Sebab kandungan sodium dalam makanan tersebut dapat menyeimbangkan cairan di dalam tubuh.

Saat kamu mengonsumsi makanan asin terlalu tinggi, air ditarik dari sel tubuh. Hal tersebutlah yang kemudian memicu rasa harus.

7. Konsumsi Buah dengan Kadar Air Tinggi

7 Tips Sahur Agar Tidak Dehidrasi saat Berpuasa7 Tips Sahur Agar Tidak Dehidrasi saat Berpuasa Foto: iStock

Menambah makanan yang kadar airnya tinggi sangat dianjurkan saat sahur. Misalnya seperti mentimun, semangka, jeruk, kiwi dan masih banyak lagi. Buah yang kadar airnya banyak dapat membuat tubuh terhidrasi.

Bukan hanya menghindari tubuh dari dehidrasi saja, banyak makan buah dengan kadar air tinggi juga dapat mencegah tubuh terkena infeksi.

Baca Juga : 5 Makanan Sahur agar Kuat Puasa Seharian

(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com