Sudah Vaksin Covid-19, Apa Benar Jadi Aman Makan di Restoran?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 07 Apr 2021 15:30 WIB
Sudah Vaksin Covid-19, Apa Benar Jadi Aman Makan di Restoran? Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat
Jakarta -

Sebagian orang di dunia telah mendapat vaksin Covid-19. Setelahnya, apakah ini menjadi penanda seseorang jadi aman beraktivitas di luar termasuk makan di restoran?

Vaksin Covid-19 secara bertahap mulai didistribusikan, termasuk di Indonesia. Sebagian orang bahkan sudah menyelesaikan tahap kedua vaksin.

Sayangnya setelah divaksin, banyak orang beranggapan diri mereka kebal terhadap Covid-19. Merekapun cenderung mengabaikan protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Tak jarang, orang-orang yang sudah divaksin Covid-19 merasa aman bersantap di restoran yang ramai dan berada dalam ruangan (indoor). Dari sisi kesehatan, benarkah anggapan tersebut?

Sudah Vaksin Covid-19, Apa Benar Jadi Aman Makan di Restoran?Sudah Vaksin Covid-19, Apa Benar Jadi Aman Makan di Restoran? Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat

Dikutip dari Healthline (7/4), pakar kesehatan memberikan pandangannya. Mereka mengatakan meski seseorang sudah vaksin Covid-19, mereka tidak sepenuhnya aman dari infeksi virus Corona.

Bersantap di restoranpun tetap harus melakukan berbagai prokes. Sebab perkembangan varian virus Corona bisa meningkatkan risiko seseorang tertular atau menyebarkan virus, bahkan ketika seseorang telah divaksinasi.

Dr. Neil Brown, seorang dokter dan kepala pengobatan darurat mengatakan, "Meskipun peluncuran vaksin merupakan perkembangan menarik dan mercusuar harapan bagi banyak orang, kenyataannya kita masih memiliki jalan panjang dan banyak yang harus dipelajari," katanya.

Dr. William Li yang aktif mempelajari virus Corona juga memberi pandangan serupa. Ia mengatakan vaksin Covid-19 adalah sebuah titik terang, tapi masih ada 'terowongan sangat panjang' yang harus dilalui.

Baca Juga: Hindari Konsumsi Makanan Ini Sebelum Vaksinasi COVID-19

Sudah Vaksin Covid-19, Apa Benar Jadi Aman Makan di Restoran?Sudah Vaksin Covid-19, Apa Benar Jadi Aman Makan di Restoran? Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat

"Kita masih cukup jauh (dari kondisi bebas Covid-19). Meskipun sekolah, restoran, bar, dan gym sudah mulai buka, kita tetap harus berhati-hati agar tidak kehilangan momentum yang sudah didapat," kata Dr. Li.

Para pakar kesehatan menyoroti perkembangan varian virus Corona. Pasalnya meski beberapa vaksin memiliki tingkat efikasi sampai 95%, namun kemanjurannya dalam menghadapi strain virus baru kemungkinan jauh lebih sedikit.

"Juga masih belum ada bukti yang cukup untuk mengetahui apakah orang yang sudah divaksinasi masih dapat membawa dan menyebarkan virus," kata Dr. Chris Thompson, seorang profesor biologi di Loyola University Maryland.

Ia mengatakan vaksin Covid-19 bukan sepenuhnya bersifat antipeluru. Data saat ini menunjukkan bahwa vaksin secara signifikan memang mengurangi risiko infeksi simtomatik, tetapi belum cukup tahu efeknya dalam hal mencegah penularan.

"Pengunjung dan pegawai restoran harus berhati-hati, karena tingkat paparan yang tinggi. Mereka harus waspada tentang pemakaian masker yang benar, mencuci tangan, dan tetap di rumah jika merasa sakit," kata Dr. Thompson.

Sudah Vaksin Covid-19, Apa Benar Jadi Aman Makan di Restoran?Sudah Vaksin Covid-19, Apa Benar Jadi Aman Makan di Restoran? Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat

"Ada beberapa orang yang tidak memakai masker di sebuah ruangan kecil, akan meningkatkan risiko penularan virus Corona untuk semua orang di sana," jelasnya.

Selain itu, Dr. Li mengingatkan bahkan jika seseorang sudah divaksinasi Covid-19 secara lengkap, orang tersebut masih bisa membahayakan orang lain karena kemungkinan membawa penyakit.

Untuk makan di restoran, ia tetap menyarankan untuk memilih restoran luar ruangan (outdoor). Kemudian menjaga jarak juga tetap penting dilakukan.

"Pengunjung juga harus memakai masker. Kondisi ini lebih aman jika Anda bersantap dengan orang-orang di sekitar yang juga sudah menerima vaksin Covid-19 dan tidak ada orang yang berisiko di sekitar Anda," tutup Dr. Li.

Baca Juga: Tips Sebelum Suntik Vaksin Corona: Makan Sayuran dan Buah Segar

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com