7 Efek Buruk Kesehatan Jika Terlalu Banyak Makan Daging

Diah Afrilian - detikFood Senin, 05 Apr 2021 10:30 WIB
7 Efek Buruk Kesehatan Jika Terlalu Banyak Makan Daging Foto: iStock
Jakarta -

Daging merupakan sumber protein yang baik. Tetapi, terlalu banyak makan daging dapat menimbulkan beberapa efek buruk bagi kesehatan.

Daging merah merupakan bahan makanan sumber protein yang digemari banyak orang. Rasanya yang gurih lezat dan bisa diolah menjadi berbagai hidanganmembuat daging banyak dikonsumsi di seluruh bagian dunia.

Selain kandungan proteinnya yang tinggi ternyata daging juga memiliki efek buruk bagi kesehatan jika terlalu banyak dikonsumsi. Mulai dari kolesterol tinggi, memicu batu ginjal hingga sembelit.

Konsumsi daging juga harus diimbangi dengan sayuran yang jumlahnya setara dengan banyaknya konsumsi daging. Sayuran ini penting fungsinya untuk mengimbangi nutrisi dan serat dan membantu melancarkan pencernaan setelah konsumsi daging.

Berikut ini 7 efek buruk makan daging berlebihan menurut Brightside :

7 Efek Buruk Kesehatan Jika Terlalu Banyak Makan Daging7 Efek Buruk Kesehatan Jika Terlalu Banyak Makan Daging Foto: iStock

1. Penyebab Batu Ginjal

Sumber makanan protein yang berasal dari hewan punya beberapa efek buruk yang akan disebabkan pada organ bagian dalam tubuh. Salah satunya batu ginjal.

Bahan hewani yang menjadi sumber protein mengandung banyak purin. Kandungan purin ini akan dipecah menjadi asam urik dan jika terlalu banyak masuk ke dalam ginjal akan menyebabkan gumpalan yang dikenal dengan batu ginjal.

2. Mudah Dehidrasi

Akibat sisa asam urik yang ditinggalkan oleh bahan makanan hewani. Asam urik akan memberikan efek cepat haus dari yang biasanya.

Hal ini berkaitan dengan kebutuhan ginjal akan asupan air yang lebih banyak untuk mengeluarkan racun yang masuk. Maka disarankan untuk minum banyak air jika konsumsi daging untuk mencegah dehidrasi.

Baca juga: Akibat Makan Daging Mentah, Orang-orang Ini Tubuhnya Digerogoti Cacing Pita

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com