Konsumsi 7 Makanan Tinggi Selenium Ini Agar Panjang Umur

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 04 Apr 2021 06:00 WIB
Konsumsi 7 Makanan Tinggi Selenium Ini Agar Panjang Umur Foto: iStock
Jakarta -

Semua orang menginginkan umur panjang dan waktu hidup yang lebih lama. Beberapa makanan tinggi selenium ini dikatakan mampu meningkatkan kualitas hidup.

Waktu hidup yang lebih panjang tentunya banyak diinginkan orang. Tubuh yang sehat dan bugar bahkan hingga mencapai usia lanjut menjadi yang seringkali diidam-idamkan.

Keinginan untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar ini tidak akan didapatkan jika tidak diimbangi dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Salah satu melalui konsumsi makanan yang menentukan kecukupan nutrisi tubuh.

Selenium menjadi salah satu mineral penting yang bisa mencegah berbagai penyakit kronis yang mengganggu kesehatan. Konsumsi makanan tinggi selenium juga dikatakan dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh secara luas.

Berikut ini 7 bahan makanan yang tinggi selenium dan direkomendasikan untuk dikonsumsi rutin, menurut Rootd (3/12) :

Konsumsi 7 Makanan Tinggi Selenium Ini Agar Panjang UmurKonsumsi 7 Makanan Tinggi Selenium Ini Agar Panjang Umur Foto: iStock

1. Makanan Laut

Institusi Kesehatan Nasional menyarankan untuk mengkonsumsi makanan laut terutama ikan. Makanan laut dikatakan sebagai sumber bahan makanan yang tinggi akan selenium.

Bahan-bahan makanan laut yang tinggi akan selenium ini beberapa mudah didapatkan di pasar-pasar terdekat. Misalnya seperti ikan tuna, beragam jenis udang atau ikan sarden.

2. Jeroan Sapi

Sering dianggap sebagai makanan yang harus dihindari karena efeknya dapat meningkatkan lonjakan kolesterol. Tetapi jeroan ternyata memiliki kandungan selenium yang dianjurkan.

Menurut data nutrisi SELF, 2-3 porsi hati sapi mampu mencukupi kebutuhan selenium yang diperlukan tubuh. Daging jeroan ini bisa berupa hati sapi, ginjal, bahkan hingga otak.

Baca juga: Makanan untuk Cegah Kista Ovarium, Perlu Dikonsumsi Wanita!

3. Daging Sapi

Konsumsi 7 Makanan Tinggi Selenium Ini Agar Panjang UmurKonsumsi 7 Makanan Tinggi Selenium Ini Agar Panjang Umur Foto: iStock

Selain kandungan protein yang tinggi, daging juga memiliki kandungan selenium yang tinggi. Bahkan beberapa porsi daging sapi sehari dapat memenuhi setengah dari kebutuhan selenium harian.

Daging juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan dengan berbagai bumbu. Dari beefsteak, beragam daging bumbu tradisional, atau Asia. Bisa dipilih sesuai dengan selera.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com