Ngopi 30 Menit Sebelum Olahraga Bisa Tingkatkan Pembakaran Lemak

dfl - detikFood Rabu, 31 Mar 2021 05:00 WIB
Ngopi 30 Menit Sebelum Olahraga Bisa Tingkatkan Pembakaran Lemak Foto: iStock
Jakarta -

Kopi terkenal dengan kandungan kafeinnya yang tinggi. Selain itu, ternyata kopi juga bisa memicu pembakaran lemak dan membantu turunkan berat badan.

Kopi merupakan minuman berkafein yang paling dikenal dan banyak penggemarnya. Kopi bisa menjadi minuman yang cocok untuk segala kondisi. Mulai dari pagi hari, sore hari ketika bersantai hingga suguhan tamu.

Manfaat dan efek kopi masih menjadi perdebatan yang ramai diperbincangkan termasuk di kalangan ahli. Penelitian demi penelitian terus dilakukan untuk mengetahui dengan pasti apa saja efek konsumi kopi.

Ngopi 30 Menit Sebelum Olahraga Bisa Tingkatkan Pembakaran LemakNgopi 30 Menit Sebelum Olahraga Bisa Tingkatkan Pembakaran Lemak Foto: iStock

Mulai dari manfaat kesehatan hingga efek buruk yang bisa ditimbulkan ketika mengonsumsi kopi berlebihan. Baru-baru ini bahkan ditemukan fakta bahwa kopi dapat menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan pembakaran lemak.

Dilansir melalui Times of India (26/3) para peneliti dari University of Granada menemukan bahwa 3 miligram kafein yang dikonsumsi 30 menit sebelum aerobik dapat meningkatkan pembakaran lemak. Penelitian ini bahkan telah dipublikasikan pada jurnal International Society of Sports Nutrition.

Baca juga: 3 Alasan Kenapa Kopi Bisa Turunkan Berat Badan Menurut Ahli

Dalam penelitian ini ditemukan juga bahwa jika melakukan olahraga di sore hari maka efeknya akan terus berlanjut hingga pagi keesokan harinya. Kopi membuat pembakaran lemak menjadi lebih meningkat dan berlangsung lebih lama.

Ngopi 30 Menit Sebelum Olahraga Bisa Tingkatkan Pembakaran LemakNgopi 30 Menit Sebelum Olahraga Bisa Tingkatkan Pembakaran Lemak Foto: iStock

Pada penelitian yang dilakukan, para peneliti awalnya bertujuan menemukan fakta bagaimana kopi dapat meningkatkan oksidasi dan pembakaran lemak selama berolahraga. Penelitian ini hanya melihat fungsi dari secangkir kopi yang diseduh dengan air.

Walaupun konsumsi suplemen kopi sudah cukup umum. Sayangnya, bukti ilmiah tentang manfaat yang serupa antara kopi yang diseduh dengan suplemen belum menemukan bukti yang sama. Kopi yang diseduh masih memiliki bukti yang lebih kuat untuk manfaat kesehatannya.

"Rekomendasi olahraga pada saat perut kosong di pagi hari untuk meningkatkan oksidasi lemak," kata Amaro-Gahete selaku ketua penulisan penelitian.

Pada penelitian yang dilakukan oleh departemen Fisiologi dari University of Granada, sebanyak 15 pria dengan rata-rata usia 32 tahun terlibat sebagai partisipan penelitian. Mereka diarahkan untuk menjalani olahraga dan dites sebanyak 4 kali dalam kurun waktu 7 hari.

Ngopi 30 Menit Sebelum Olahraga Bisa Tingkatkan Pembakaran LemakNgopi 30 Menit Sebelum Olahraga Bisa Tingkatkan Pembakaran Lemak Foto: iStock

Partisipan diberikan antara kafein ataupun placebo pada pukul 8 pagi dan 5 sore. Partisipan yang ditentukan secara acak ini kemudian dites dalam 4 kondisi acak yang berbeda.

"Hasil dari penelitian kami menunjukkan bahwa konsumsi kafein 30 menit sebelum olahraga aerobik dapat meningkatkan oksidasi lemak selama olahraga dari hari ke hari," kata Amaro-Gahete.

Pada penelitian ini pula efek peningkatan oksidasi dan pembakaran lemak hanya terjadi pada kombinasi konsumsi kafein akut dengan bobot olahraga sedang. Cara ini sangat disarankan untuk orang-orang yang ingin meningkatkan pembakaran lemak melalui olahraga terutama di sore hari.

Baca juga: Minum Kopi Bisa Percepat Berat Badan Turun Asal Ikuti 4 Aturan Ini



Simak Video "Kopi Trip: Ngopi sambil Edukasi di Alam Terbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com