Minum Kopi Bisa Percepat Berat Badan Turun Asal Ikuti 4 Aturan Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 19 Sep 2018 06:53 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Ahli gizi mengklaim kopi bisa turunkan berat badan karena sifatnya mendorong metabolisme tubuh. Asalkan ikuti 4 aturan ini.

Beberapa waktu lalu ahli gizi Sarah Flowers mengungkap manfaat minum kopi di pagi hari, sesaat setelah bangun tidur. "Kopi yang Anda minum sehari-hari dapat membantu menaikkan tingkat metabolik dengan merangsang thermogenesis yang membantu membakar lemak," ungkapnya.

Selain itu, kopi mengandung asam Chlorogenic yang bisa memperlambat penyerapan karbohidrat dan memecah lemak. Namun, hal ini bukan berarti minum banyak kopi di pagi hari bisa langsung memangkas berat badan. Sarah Flowers menyarankan untuk minum 1-2 cangkir kopi di pagi hari.

Minum Kopi Bisa Percepat Berat Badan Turun Asal Ikuti 4 Aturan IniFoto: dok. detikFood

Baca Juga: Minum Kopi di Pagi Hari Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Apa Benar?

Slism (18/9) turut mengungkap aturan minum kopi agar tujuan menurunkan berat badan cepat tercapai. Mulai dari jenis biji kopi yang dipilih sampai jumlah ideal konsumsinya.

1. Jenis biji kopi
Asam Cholorogenic bersifat lemah terhadap panas. Karenanya kalau mau berat badan cepat turun, pilih biji kopi yang diolah dengan teknik 'light roast,' bukan 'dark roast.' Pengolahan biji kopi 'light roast' menghindarkan biji kopi terpapar lebih banyak panas.

Selain itu, kopi instan jika dibandingkan kopi tetes (drip coffee) mengandung lebih sedikit kafein dan asam Chlorogenic. Sehingga konsumsi kopi tetes lebih disarankan jika Anda menginginkan berat badan lebih cepat susut.

2. Penyajian kopi
Es kopi memang nikmat, namun kopi sebenarnya paling bagus dinikmati dalam keadaan panas. Dalam kondisi ini tubuh akan lebih mudah menyerap bahan aktif dalam kopi. Selain itu, gunakan pula air bersuhu tidak terlalu panas untuk menyeduh kopi. Hal ini demi menghindari hilangnya banyak asam Chlorogenic pada kopi.

Minum Kopi Bisa Percepat Berat Badan Turun Asal Ikuti 4 Aturan IniFoto: dok. detikFood

3. Pilih kopi hitam
Cobalah untuk menikmati kopi hitam tanpa gula agar tidak menaikkan berat badan. Pasalnya menambahkan gula ke dalam kopi sama saja menambahkan jumlah kalorinya. Jumlahnya kira-kira 20 kalori tiap sendok teh gula yang ditambahkan.

Saat membeli kopi hitam instan, perhatikan informasi nutrisinya. Pastikan tidak membeli kopi yang ditambahkan pemanis buatan karena akan menambahkan asupan kalori secara drastis dalam secangkir kopi.

Minum Kopi Bisa Percepat Berat Badan Turun Asal Ikuti 4 Aturan IniFoto: iStock

4. Minum secukupnya
Saat diet, paling bagus menikmati kopi secukupnya. Pilih cangkir yang lebih kecil dan beri jeda konsumsi kopi sekitar 3-4 jam sekali. Pastikan tidak mengonsumsi lebih dar 5 cangkir kopi per hari.

Kalau kelebihan, kafein dalam tubuh bisa menyebabkan Anda sulit tidur. Juga memicu anemia dan rasa tak enak pada perut.

Baca Juga: Kebiasaan Minum Kopi Saat Sarapan Ternyata Punya Dampak Positif Untuk Kesehatan
(adr/odi)