ADVERTISEMENT

Selain Nasi, 5 Makanan Ini Cocok Jadi Menu Sarapan Karbohidrat Sehat

Sonia Basoni - detikFood
Senin, 29 Mar 2021 06:00 WIB
Sweet Potato on wooden cutting board with blue wood background
Foto: iStock


3. Pisang

Pancakes with banana, walnuts and honey. Healthy breakfast. On dark wooden table background.Pancakes with banana, walnuts and honey. Healthy breakfast. On dark wooden table background. Foto: Getty Images/iStockphoto/ArtLana

Mirip seperti jagung dan ubi, pisang ini merupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan karbohidrat. Rasanya yang enak bisa dimakan langsung, dibuat jadi topping pancake hingga smoothies untuk sarapan.

Setidaknya ada sekitar 26,95 gram karbohidrat yang ada di dalam satu pisang ukuran sedang (medium). Pisang-pisang ini kaya akan kalium serta vitamin A dan C yang baik untuk tubuh.

Tingginya kandungan potasium di dalam pisang membuat buah yang satu ini baik untuk menjaga kesehatan jantung, serta membantu menurunkan kadar tekanan darah.


4. Mangga

Makan Mangga Bisa Kurangi Kerutan Wajah Wanita, Ini Kata PenelitiMakan Mangga Bisa Kurangi Kerutan Wajah Wanita, Ini Kata Peneliti Foto: iStock

Kalau sedang ingin sarapan yang manis-manis dan menyegarkan. Bisa pilih mangga yang punya kandungan 24.72 gram karbohidrat di setiap 165 gram buahnya. Mirip seperti jeruk dan buah-buahan lainnya, terdapat 46 miligram vitamin C di dalam buah mangga ini.

Jadi ketika sarapan mangga, kebutuhan nutrisi tubuh akan vitamin C sudah terpenuhi hingga 76%. Selain itu buah ini bisa membantu menurunkan berat badan.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mangga punya kandungan yang dapat menekan sel lemak, serta sel-sel lemak yang berhubungan dengan gen di dalam tubuh.



Simak Video "Pabrik Tahu Ini Diminati Para Pegowes untuk Sarapan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT