Selain Nasi, 5 Makanan Ini Cocok Jadi Menu Sarapan Karbohidrat Sehat

Sonia Basoni - detikFood Senin, 29 Mar 2021 06:00 WIB
Sweet Potato on wooden cutting board with blue wood background Foto: iStock
Jakarta -

Agar tubuh lebih berenergi, penting untuk memilih menu sarapan sehat. Seperti asupan karbohidrat selain nasi, yang cocok jadi menu sarapan bergizi.

Meski sering dihindari saat orang-orang sedang diet, asupan karbohidrat ini penting untuk menambah energi pada tubuh. Sumber karbohidrat sehat cukup beragam. Ada yang dari buah-buahan hingga umbi-umbian.

Tak hanya nasi yang bikin kenyang. Sarapan dengan makanan-makanan sehat kaya akan karbohidrat sehat juga bisa menambah asupan vitamin dan gizi pada tubuh.

Seperti ubi yang kaya akan sumber potassium dan vitamin A. Kemudian ada juga jagung, pengganti nasi yang mengenyangkan lengkap dengan kandungan vitamin C nya tinggi.

Dilansir dari Medical News (28/03), berikut lima makanan karbohidrat yang sehat untuk tambah energi saat sarapan.

Baca Juga: Agar Berat Badan Cepat Turun, Terapkan Kebiasaan Sarapan Sehat Ini

1. Jagung

Closeup image of a woman holding and showing sweet cornCloseup image of a woman holding and showing sweet corn Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect

Jagung jadi alternatif karbohidrat yang populer setelah kentang dan nasi. Selain mudah di dapatkan, serta harganya yang cukup terjangkau, jagung bisa diolah ke dalam berbagai makanan.

Jagung bisa diolah jadi jagung bakar atau rebus, dicampur dalam sup, hingga diolah menjadi campuran salad dan perkedel. Di dalam 100 gram jagung, setidaknya mengandung 25 gram karbohidrat di dalamnya.

Juga mengandung 3,36 gram protein. Kandungan vitamin C dalam jagung cukup tinggi. Lewat sebuah penelitian kesehatan di tahun 2007 lalu, jagung dipercaya dapat memberikan efek positif pada gula darah dan tekanan darah tinggi.

2. Ubi

Delicious baked sweet potato with wooden spoon and cup on desk, Diet food, Low crab of vegetable concept.Delicious baked sweet potato with wooden spoon and cup on desk, Diet food, Low crab of vegetable concept. Foto: Getty Images/iStockphoto/piyaset

Penggemar ubi panggang atau ubi kukus, mulai melirik umbi yang satu ini untuk jadi menu sarapan sehat dan mengenyangkan. Ubi punya tekstur yang padat sehingga membuat tubuh kenyang lebih lama.

Di dalam satu buah ubi ukuran sedang (medium) lengkap dengan kulitnya mengandung sekitar 23,61 gram karbohidrat. Ubi yang manis merupakan sumber potassium, vitamin A dan C.

Beberapa peneliti juga menemukan bahwa kandungan molekul karbohidrat pada ubi. Kemungkinan besar memiliki antioksidan serta sebagai antitumor, yang membantu mencegah tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Jaga Daya Tahan Tubuh Keluarga dengan Sarapan Berenergi Lengkap"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com