Viral! Kisah Pemuda Bantu Temannya Turunkan BB dari 153.3 Kg, Ini Prosesnya

ADVERTISEMENT

Viral! Kisah Pemuda Bantu Temannya Turunkan BB dari 153.3 Kg, Ini Prosesnya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Sabtu, 27 Mar 2021 13:00 WIB
Viral! Kisah Pemuda Bantu Temannya Turunkan BB dari 153.3 Kg, Ini Prosesnya
Foto: TikTok @skepan
Jakarta -

Banyak cerita positif bisa kamu temui di TikTok. Salah satunya soal pemuda ini yang semangat memotivasi temannya untuk menurunkan berat badan secara sehat.

Usaha menurunkan berat badan sebenarnya mudah, namun butuh tekad dan komitmen yang kuat untuk berhasil mendapatkan berat ideal. Usaha ini tentunya akan lebih mudah jika kamu memiliki teman yang suportif.

Dukungan dari teman akan sangat berarti mengingat mereka sering ada di sekeliling kita sehari-hari. Apalagi jika kamu memiliki teman yang memang sudah berhasil menurunkan berat badan.

Bantuan dan arahan dari mereka bisa mempercepat proses penurunan berat badan. Seperti halnya yang terjadi di antara dua sahabat ini, Stefan dan Antony.

Stefan pernah memiliki berat badan sampai 110 kg, namun kini beratnya sudah di angka 70 kg. Berbekal pengalamannya dalam menurunkan berat badan, Stefan membantu rekannya, Antony untuk melakukan hal yang sama.

Cerita Stefan membantu Antony dalam menurunkan berat badan viral di TikTok. Video Stefan mengenai hal ini (24/3) bahkan sudah dilihat lebih dari 7,2 juta kali saat berita ini dibuat.

Dimulai akhir Februari 2021

Viral! Kisah Pemuda Bantu Temannya Turunkan BB dari 153.3 Kg, Ini ProsesnyaViral! Kisah Pemuda Bantu Temannya Turunkan BB dari 153.3 Kg, Ini Prosesnya Foto: TikTok @skepan

Dalam video itu Stefan mengatakan pertama kali bertemu Antony pada 22 Februari 2021. Berat badan Antony saat itu 153,3 kg.

"Kita latihan sungguh-sungguh," tulisnya. Dua minggu kemudian, Antony mulai melihat hasilnya. Berat badannya turun 5 kg menjadi 147,3 kg.

Mengetahui hal ini, Stefan merasa sangat senang sampai terlihat loncat-loncat di video. Ia juga menunjukkan momen dirinya memberi makanan sehat untuk Antony dan mengajaknya rutin olahraga.

Pada 23 Maret 2021, mereka kembali mendapati hasil menggembirakan. Berat badan Antony turun 2,5 kg menjadi sekitar 144,9 kg. Terlihat Stefan kembali senang dengan pencapaian temannya ini.

Niat membantu Antony sebagai teman

Dihubungi detikfood (25/3), Stefan bercerita lebih lanjut tentang usahanya membantu menurunkan berat badan Anthony. Ia mengatakan dirinya bukan personal trainer (PT).

"Saya cuma orang biasa yang bisa nurunin berat badan dari 110 kg ke 70 kg, dan sekarang saya bantu Antony. Saya lebih nganggepnya dia itu teman saya, saya support dia layaknya teman," kata pemilik nama lengkap Stefan Jonathan ini.

Awalnya Stefan dibujuk sang ayah untuk membantu melatih Antony setelah mereka bertemu di sebuah acara keluarga. "Dari situ, inisiatiflah saya nge-DM dia. 'Mau ga gw latih? Gw kasih makan makanan sehat biar kurus?' Terus dia bilang 'lets go'," kata Stefan.

Turun sekitar 8 kg dalam sebulan

Dalam satu bulan, Stefan mengatakan Antony sudah turun berat badan sekitar 8 kg. Ia memilih dengan tepat treatment olahraga untuk temannya ini.

"Karena dia lututnya bermasalah, jadi saya harus cari ide gerakan-gerakan apa saja yang bisa dia lakukan dan aman. Jadi lebih fokus ke latihan upper body dulu supaya terhindar dari cedera," tuturnya.

Untuk pola olahraganya, Stefan mengajak Antony latihan 3 kali seminggu di gym. "15 menit pertama stretching dan jalan kaki di treadmill. Lalu 45 menit selanjutnya kita latihan angkat beban menggunakan metode HIIT (High Intensity Interval Training). Setelah itu jalan kaki lagi di treadmill untuk penutupan selama 15 menit," jelasnya.

Baca Juga: Diet Melly Goeslaw Makin Sukses, Ukuran Jeans dari XXL ke M

Pola makan Antony

Viral! Kisah Pemuda Bantu Temannya Turunkan BB dari 153.3 Kg, Ini ProsesnyaViral! Kisah Pemuda Bantu Temannya Turunkan BB dari 153.3 Kg, Ini Prosesnya Foto: TikTok @skepan

Untuk pola makannya, Stefan memberikan makanan sehat untuk Antony. Ia menyediakan dua boks makanan setiap hari. "Porsi makan dia tetap banyak dan makanan dia bergizi. Banyak tuh dalam artian bisa buat dia kenyang," jelas Stefan.

Total kalori dari dua boks makanan itu bisa sampai 1.400 kkal. Stefan bercerita, "Nah sisanya terserah dia mau makan apa, pokoknya harus defisit minimal 500 kalori seharinya. Kebutuhan kalori dia setiap harinya di angka sekitar 3.000 kkal."

Stefan menimbang nasi untuk Antony, maksimal 300 gram dalam sehari. Proteinnya diberi banyak sekitar 100 gram. "Dan yang pasti makanannya rendah lemak. Nggak ada yang saya goreng makanannya," lanjut Stefan.

Sisanya, ia menyarankan Antony untuk makan banyak sayuran untuk memenuhi kebutuhan seratnya. "Terus saya suruh dia makan buah lagi di rumah," tambahnya.

Biasanya untuk menu tinggi protein yang ia berikan adalah dada ayam. Menunya bisa berupa chicken steak, lalu sumber karbohidratnya berupa mashed potato dan ditambah sayur.

Tanggapan Antony mengenai penurunan berat badannya

Viral! Kisah Pemuda Bantu Temannya Turunkan BB dari 153.3 Kg, Ini ProsesnyaViral! Kisah Pemuda Bantu Temannya Turunkan BB dari 153.3 Kg, Ini Prosesnya Foto: TikTok @skepan

Diakui Stefan, Antony senang dengan penurunan berat badannya. "Dia sangat puas dengan hasilnya. Dia nggak tersiksa dengan makanan yang dia makan karena memang kan porsinya banyak. Jadi dia nggak ngerasa laper banget," kata Stefan.

Ia juga meminta Antony agar menikmati proses penurunan berat badan. Rencananya usaha penurunan berat badan ini akan berlanjut terus sampai Antony mendapat berat badan ideal.

"Sampai akhir tahun ini targetnya 100 kg dulu aja. Mau lebih berfokus sama ngajarin pola hidup sehatnya, bukan angka timbangannya. Karena angka timbangan bakal ngikut kalau kita sudah bisa ngejalanin pola hidup sehat. Nggak apa-apa pelan-pelan, yang penting untuk enjoyable untuk jangka panjang," kata pria 23 tahun ini.

Baca Juga: Menu Diet Tya Ariestya yang Berhasil Turun 19 Kg dalam 4 Bulan!

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT