7 Makanan Sehat yang Efektif Membersihkan Pencernaan, Intip Daftarnya!

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 27 Mar 2021 05:00 WIB
jus delima untuk kanker prostat Foto: GettyImages

4. Blueberry

Untuk membersihkan pencernaan, makan buah manis yang satu ini juga bisa membantu sekaligus memenuhi keinginan untuk makan makanan manis. Mengganti camilan manis dengan segenggam blueberry juga akan menjadi alternatif camilan yang lebih sehat.

"Banyak antioksidan yang ada pada blueberry menunjukkan sifat antiinflamasi, antidiabetes, kardio protektif dan sifat neuroprotektif," kata Galvin.

5. Bawang Putih

Garlic on wooden cutting boardGarlic on wooden cutting board Foto: Getty Images/iStockphoto/Amarita

Bawang putih mungkin terdengar cukup buruk karena bisa bikin napas bau. Tetapi manfaat kesehatan yang dapat diberikan oleh bawang putih sangat banyak dan begitu baik.

"Bawang putih merupakan sumber mangan, vitamin B6 juga sumber vitamin C yang baik. Kandungan sulfurnya juga ditemukan sangat baik untuk memberikan manfaat kesehatan pada sistem tubuh secara luas termasuk sistem kardiovaskular, imunitas, sistem inflamasi, sistem pencernaan, sistem endokrin dan sistem detoksifikasi," kata Galvin.

6. Kerang

Kerang menjadi salah satu protein yang juga cukup mudah untuk diolah. Menambahkan kerang ke dalam olahan hidangan di waktu makan juga bisa menjadi salah satu cara untuk membersihkan pencernaan dan menambahkan protein.

"Kerang sangat mudah untuk didapatkan dan memberikan banyak vitamin. Pada 85 gram kerang hanya mengandung 150 kalori dan 20 gram protein, dan kandungan ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan," kata Scott Keatley.

7. Telur

Fried eggs with tomatoesCara Membuat Telur Ceplok yang Tampilannya Cantik, Perhatikan 3 Hal Initelur Foto: Getty Images/Olivia

Jika ingin membuat hidangan semakin sehat, tambahkan satu hingga dua butir telur akan cukup untuk memberikan nutrisi. Konsumsi telur secara rutin dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Baik dari vitamin hingga lemak sehat.

"Telur merupakan nutrisi yang sangat baik untuk banyak diet sehat. Telur diperkaya oleh vitamin C, kolin, protein dan banyak lainnya," kata Jenna Gorham.

Baca juga: Agar Pencernaan Sehat, Makanlah 6 Makanan Ini!

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com