7 Makanan Sehat yang Efektif Membersihkan Pencernaan, Intip Daftarnya!

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 27 Mar 2021 05:00 WIB
jus delima untuk kanker prostat Foto: GettyImages
Jakarta -

Setelah menumpuk terlalu banyak makanan, pencernaan juga butuh untuk 'dibersihkan.' Beberapa bahan makanan ini secara alami bisa membantu membersihkan pencernaan.

Setelah semua kegiatan berubah secara online dan dikerjakan dari rumah, banyak yang mengeluhkan bahwa keinginan untuk makan terus meningkat. Berdiam diri di rumah membuat sebagian orang cenderung makan berlebihan.

Setelah konsumsi makanan yang banyak, membersihkan pencernaan menjadi penting untuk menjaga agar pencernaan tetap sehat. Meluruhkan tumpukan lemak dan sisa makanan di usus menjadi pekerjaan yang pertama kali harus dilakukan setelah banyak konsumsi makanan.

Ternyata, untuk membersihkan pencernaan bisa dilakukan secara alami dengan beberapa bahan makanan. Bahkan diantaranya cukup mudah untuk didapatkan.

Berikut ini 7 bahan makanan yang direkomendasikan para ahli untuk membersihkan pencernaan menurut Eat This, Not That! (24/3) :

1. Brokoli

Beberapa jenis sayuran seperti kol, kembang kol, brokoli, dan pakcoy ternyata memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan. Menambahkan sayuran ini ke dalam menu makanan dapat membantu membersihkan pencernaan dan menjaganya agar tetap sehat.

"Sayuran-sayuran ini tinggi akan serat, ini penting untuk kesehatan pencernaan dan kendali gula darah, dan juga tinggi nutrisi seperti folat, vitamin C, E dan K," kata Kylie Ivanir.

2. Salmon

Begini Cara Memilih Salmon untuk Sajian BBQsalmon Foto: iStock

Merasa perut sudah terlalu penuh dan lingkar pinggang bertambah? Konsumsi salmon mungkin akan menjadi jawaban yang tepat.

Salmon memiliki protein yang sangat baik dan kandungan lemak ikan yang tinggi. Kandungan lemak yang meiliki sifat anti-inflamasi ini ditemukan bermanfaat bagi kesehatan kulit dan pencernaan.

Baca juga: 5 Menu Sarapan Ini Bisa Melancarkan Sistem Pencernaan

3. Buah Delima

Biji buah delima memang cukup kecil. Tetapi dibalik ukurannya yang kecil, biji delima mengandung nutrisi dan manfaat yang sangat besar.

"Delima memiliki antioksidan kuat yang sangat baik yang bisa didapatkan melalui jus delima dan kulitnya. Mereka (delima) sangat memiliki kekuatan untuk sifat antioksidan bahkan melebihi red wine dan teh hijau," kata Alicia Galvin.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com