7 Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan, Tingkatkan Imun hingga Cegah Sembelit

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 23 Mar 2021 11:00 WIB
7 Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan, Tingkatkan Imun hingga Cegah Sembelit Foto: Getty Images/iStockphoto/undefined undefined
Jakarta -

Di balik rasanya yang renyah segar, jambu air menyimpan sejuta manfaat sehat. Konsumsinya secara rutin bisa meningkatkan imun hingga cegah sembelit.

Pohon jambu air mudah ditemukan di sekitar pemukiman warga di Indonesia. Tidak hanya segar untuk dibuat menjadi asinan, jambu air ternyata punya banyak manfaat kesehatan saat dikonsumsi rutin.

Jambu air merupakan salah satu tanaman buah yang hanya ditemukan di daerah beriklim tropis. Kandungan airnya yang sangat banyak membuat jambu air akan menyegarkan jika dimakan pada siang hari yang panas.

Jambu air sendiri terdiri dari beberapa jenis. Tetapi secara umum, jambu air berwarna merah muda menjadi yang paling banyak ditemukan.

Menurut BPOM Amerika (USDA), jambu air menyimpan nutrisi, vitamin serta mineral yang sangat kaya. Pada 100 gram jambu air terdapat 29 miligram kalsium, 123 gram potasium, 22,3 miligram vitamin C, 17 miligram vitamin A dan masih banyak kandungan nutrisi lainnya.

Dilansir dari Boldsky (12/3), inilah 7 manfaat jambu air untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Imunitas

7 Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan, Tingkatkan Imun hingga Cegah Sembelit7 Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan, Tingkatkan Imun hingga Cegah Sembelit Foto: Getty Images/iStockphoto/undefined undefined

Jambu air mengandung asam galia, myricetin, asam ursolat dan myricitrin. Senyawa tersebut dikenal karena memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat.

Senyawa-senyawa tersebut dapat membantu menghambat sitokin peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Aktivitas antimikroba yang ada pada jambu air ini juga dapat membantu melindungi tubuh terhadap patogen dan meningkatkan imunitas untuk melawan penyakit.

2. Mencegah Konstipasi

Selain tinggi kandungan air, jambu air juga memiliki serat yang cukup banyak. Kandungan serat ini dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi atau sembelit.

Serat dapat menambah massa tinja dengan meningkatkan kelancaran makanan untuk melalui lambung dan usus. Rutin konsumsi jambu air juga bisa membantu meringankan sembelit dan perut kembung.

Baca Juga: Ini Vitamin dalam Jambu Biji yang Berguna untuk Tingkatkan Imun

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com