Ini Vitamin dalam Jambu Biji yang Berguna untuk Tingkatkan Imun

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 09 Okt 2020 10:30 WIB
jambu biji Foto: iStock
Jakarta -

Jambu biji merupakan buah tropis yang berasal dari Venezuela, Meksiko, Kolombia dan beberapa daerah di Asia. Vitamin dalam jambu biji sangat beragam sehingga dikenal dapat mengatasi masalah kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh.

Vitamin dalam jambu biji yang terbanyak adalah vitamin C. Selain itu, jambu biji juga mengandung serat yang tinggi serta antioksidan. Antioksidan ini dapat membantu mengurangi efek berbahaya yang berkaitan dengan oksidasi. Sedangkan daun jambu biji memiliki sifat kimia yang juga bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat dari kandungan vitamin dalam jambu biji biasa dan merah:

1. Jambu biji untuk kesehatan kulit

Jambu biji mengandung vitamin C dua kali lipat dibandingkan dengan jeruk. Diperkaya dengan vitamin C, jambu biji sangat bagus untuk kulit karena memiliki banyak antioksidan, vitamin dan mineral yang bisa membantu meningkatkan kekebalan dan bagus untuk kulit agar sehat dan bercahaya.

Kehadiran vitamin C dapat menyelamatkan dari kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah kulit dari penuaan serta membantu dalam meningkatkan elastisitas kulit.

2. Jambu biji untuk kesehatan jantung

Jambu biji membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung karena buah ini mengandung serat dan antioksidan serta vitamin yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, jambu biji juga memiliki kandungan serat dan potasium yang baik untuk kesehatan jantung. Dan daun jambu biji juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Jambu biji membantu stabilkan gula darah

Konsumsi jambu biji dan ekstrak dalam jumlah sedang dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Menurut beberapa penelitian, konsumsi jambu biji dan daunnya membantu dalam mengatur kadar insulin dan mengatur gula darah.

4. Jambu biji membantu meredakan nyeri haid

Vitamin pada ekstrak daun jambu biji membantu mengurangi rasa sakit akibat kram saat menstruasi. Menurut penelitian, ditemukan bahwa daun jambu biji membantu menyembuhkan masalah yang berhubungan dengan pengukuran suhu, kram rahim dan berfungsi sebagian obat penghilang rasa sakit.

5. Jambu biji lancarkan pencernaan

Jambu biji disukai karena rasa dan teksturnya yang enak dan unik. Di dalam jambu biji juga mengandung serat larut yang baik untuk pencernaan. Jambu biji dapat membantu memenuhi 12 persen asupan serat tubuh. Daun jambu biji memiliki khasiat antimikroba yang membantu menyembuhkan masalah perut seperti diare dan sembelit.

6. Jambu biji membantu turunkan berat badan

Vitamin dalam jambu biji serta mineral dan serat sangat baik untuk tubuh. Jambu biji memiliki sekitar 37 kalori yang menjadikannya makanan rendah kalori yang sempurna tanpa merasa bersalah. Konsumsi jambu biji setiap hari bisa membantu dalam mengelola berat badan.

7. Jambu biji meningkatkan sistem imun

Vitamin C dalam jambu biji ada dua kali lipat dari buah yang lain. Hal ini membuat jambu biji menjadi makanan yang bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga mengurangi risiko infeksi dan penyakit.








Simak Video "Bikin Jantung Sehat, Buat Manisan dari Terong Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)