7 Makanan yang Merusak Gigi Ini Bisa Picu Nyeri hingga Gigi Berlubang

Diah Afrilian - detikFood Senin, 22 Mar 2021 05:00 WIB
Toothache, Beautiful Woman with Tooth Infection Foto: Getty Images/iStockphoto/yourstockbank
Jakarta -

Gigi yang bersih dan sehat adalah dambaan semua orang. Untuk mencegah kerusakan gigi, hindari konsumsi 7 makanan yang merusak gigi ini.

Gangguan pada kesehatan gigi akan memberikan rasa yang tidak nyaman dan begitu mengganggu. Para dokter gigi bahkan menyarankan untuk menghindari beberapa makanan untuk menjaga gigi tetap sehat.

Rasa nyeri yang timbul pada gigi, bukan hanya mengganggu rongga mulut tetapi rasa tidak nyamannya akan dirasakan seluruh tubuh. Gejalanya mulai dari demam, sakit kepala hingga kesulitan untuk beraktivitas seringkali datang akibat pengaruh sakit gigi.

Sakit gigi banyak ditimbulkan akibat makanan dan minuman yang dikonsumsi. Misalnya seperti konsumsi makanan keras, suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin, hingga perubahan antara suhu makanan dan minuman yang terlalu ekstrem.

Secara umum, para dokter gigi bahkan menggolongkan 2 jenis makanan dan minuman yang sangat mengancam kesehatan gigi. Keduanya adalah makanan yang asam dan yang menempel pada gigi.

Berikut ini 7 makanan yang merusak gigi, seperti dikutip dari Livestrong (11/3) :

1. Saus Salad

perbedaan vinaigrette dan salad dressingperbedaan vinaigrette dan salad dressing Foto: Getty Images

Semangkuk salad yang segar akan lebih terasa enak dengan tambahan saus yang asam dan menyegarkan. Tetapi, jika kamu menyukai kombinasi ini sebaiknya kamu berhati-hati dengan kesehatan gigi.

Menurut Dr. patel, asam dapat mengikis enamel pada gigi. Asam ini bisa datang dari saus salad yang menggunakan bahan dasar seperti jus lemon atau cuka.

2. Biskuit, Keripik dan makanan Tinggi Karbohidrat

Makanan seperti biskuit, keripik dan tinggi karbohidrat lainnya termasuk ke dalam jenis makanan yang merusak gigi karena sifatnya menempel. Rasanya memang lezat dan tidak asam, tetapi makanan ini justru dapat merusak gigi secara langsung.

"Karbohidrat menempel pada gigi dan memecah menjadi gula. Hasilnya adalah lingkungan yang sangat baik bagi bakteri untuk tumbuh di rongga mulut," kata Dr. Patel.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman Enak Ini Ternyata Berpotensi Merusak Gigi

3. Makanan Pemicu Refluks Asam

Refluks asam berasal dari konsumsi beberapa jenis makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung. Ketika asam lambung naik kamu akan merasakan sendawa dan sendawa tersebut yang mengirimkan asam ke dalam rongga mulut.

Menurut penelitian di BMC gastroenterology, orang yang menderita GERD juga ditemukan mengalami kerusakan gigi. Reflux asam tersebut secara langsung akan mengikis enamel gigi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Murah Meriah! Jajan Tteokbokki ala Korea Cuma Rp 10 Ribuan di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com