Jenis Minuman Kopi yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Menurut Ahli Diet

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 21 Mar 2021 06:00 WIB
minuman kopi paling buruk menurut ahli diet Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Sebenarnya kopi adalah jenis minuman yang menyehatkan. Namun, ahli diet mengungkapkan kalau ada juga jenis minuman kopi yang buruk untuk kesehatan tubuh.

Sebagai minuman dengan kandungan zat antioksidan yang tinggi, kopi tergolong dalam minuman sehat. Agar manfaat kopi bisa dirasakan oleh tubuh, cara mengonsumsinya pun harus tepat.

Biasanya kopi yang bermanfaat untuk tubuh adalah kopi hitam tanpa gula. Ada juga batas maksimal mengonsumsi kopi per hari, yaitu 4 cangkir per hari, seperti dikutip dari Food NDTV (14/10).

Selain jenis kopi yang menyehatkan untuk tubuh, ada juga yang berdampak buruk pada kesehatan. Hal ini diungkapkan oleh ahli diet Lisa Young, "Kopi yang buruk adalah yang banyak mengandung bahan yang tidak sehat, seperti krim kocok, cokelat, krim, ataupun gula," ujarnya seperti dilansir dari Eat This (5/3).

minuman kopi paling buruk menurut ahli dietminuman kopi paling buruk menurut ahli diet Foto: Getty Images/iStockphoto/

Baca Juga: 7 Langkah Mudah Bikin Kopi Rumahan Seenak Buatan Kafe

Ahli diet lainnya juga beranggapan sama. Lisa Hugh juga mengungkapkan kalau jenis kopi yang diolah seperti milkshake atau sering disebut frapuccino itu sangat buruk untuk kesehatan.

"Banyak minuman kopi yang satu tipe dengan milkshakes: ada campuran susu, heavy cream, krim kocok, gula, sirup, sirup perasa yang bisa menambahkan banyak kalori, lemak, dan tinggi gula," ucap Lisah Hugh.

Katherine Basbaum sebagai ahli diet juga memiliki pendapat yang sama. Kopi yang dihaluskan atau Iced Blended adalah jenis kopi manis yang tinggi gula.

"Rata-rata pada 453 gram milkshake memiliki sekitar 500 kalori, 14 gram lemak total, dan 8 gram lemak jenuh. Hal ini juga berlaku sama untuk minuman kopi iced blend. Misalnya, Frappucino karamel 453 gram dari Starbucks mengandung hampir 400 kalori, 16 gram lemak total, dan 10 gram lemak jenuh," ungkap Katherine Basbaum.

minuman kopi paling buruk menurut ahli dietminuman kopi paling buruk menurut ahli diet Foto: Getty Images/iStockphoto/

Semua jenis frappucino mengandung gula yang tinggi. Sehingga apabila dikonsumsi terlalu sering dikhawatirkan dapat menyebabkan beberapa efek samping negatif.

"Gula, terutama gula tambahan seperti yang ditemukan dalam frappuccino bisa meningkatkan risiko diabetes dan kolesterol tinggi. Kemudian nantinya bisa mengarah pada masalah kesehatan yang lebih serius seperti penyakit jantung," ujar Rachel Temple seorang ahli gizi.

"Penambahan berat badan juga merupakan efek samping umum dari asupan gula tinggi. Tinggi gula berarti tinggi kalori yang akhirnya bisa membuatmu kelebihan berat badan," lanjutnya.

Batasan maksimal asupan gula per harinya antara 25-35 gram untuk wanita dan pria dewasa. Sedangkan pada frappuccino, kandungan gulanya sekitar 70 gram atau lebih.

Baca Juga: Ini Jenis Teh Paling Tidak Sehat Menurut Ahli Gizi



Simak Video "Menikmati Kehangatan Kopi Bir Khas Boyolali"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com