Ini Teh Jambu Merah Delima yang Dipercaya Berkhasiat Cegah Diabetes

Angga Laraspati - detikFood Jumat, 19 Mar 2021 16:14 WIB
Jelajahumkmdemak Foto: Pradita Utama/detikcom
Demak -

Bosan dengan rasa teh yang begitu-gitu saja? Sekali-kali tak ada salahnya untuk mencoba teh yang dibuat dari daun jambu merah delima atau jambu air (Syzygium samarangense). Selain rasanya enak, teh daun jambu ini juga memiliki banyak khasiat lho.

Produksi teh daun jambu merah delima bisa ditemukan di salah satu desa yang ada di Kabupaten Demak atau lebih tepatnya di Desa Lempuyang, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Pembuatan teh ini diprakarsai oleh Kepala Desa Lempuyang Ahmad Ulil Albab yang melibatkan mahasiswa KKN Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang tahun 2018 dalam proses produksinya.

Teh yang dinamakan sesuai dengan nama desa Lempuyang memang unik, karena dibuat dari daun jambu yang dipilih secara khusus. Istri dari Ahmad Ulil Albab, Dita mengatakan untuk jambu yang dipilih bukanlah yang ada di pucuk tetapi yang sudah tua.

Penasaran dengan rasanya, detikcom berkesempatan untuk mencoba satu gelas teh daun jambu yang sudah disuguhkan oleh Dita. Warnanya yang coklat layaknya teh biasa mampu menipu mata dan membuat sedikit tak percaya bahwa teh tersebut terbuat dari daun jambu.

Sluurp, satu kali tegakan ke tenggorokan teh yang masih hangat tersebut sekilas rasa manis bercampur dengan aroma dan sedikit rasa jambu muncul di mulut. Setelah meminumnya tubuh juga terasa lebih segar dan juga nyaman.

JelajahumkmdemakIni Teh Jambu Merah Delima yang Dipercaya Berkhasiat Cegah Diabetes Foto: Pradita Utama/detikcom

Masih penasaran, kami mencoba teh daun jambu merah delima yang belum ditambahkan gula. Memang bila tidak menggunakan gula, rasa dari teh jambu ini masih sedikit sepat layaknya buah jambu pada umumnya, namun rasa segarnya masih ada.

Usut punya usut, ternyata teh jambu ini memiliki berbagai khasiat juga lho. Dita mengatakan Teh Lempuyang telah diteliti oleh Universitas Islam Negeri Wali Songo, Semarang dan menemukan teh jambu memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan.

"Khasiatnya diteliti di UIN, antidiabetes, mencegah penyakit gula, penangkal radikal bebas, menurunkan kolesterol, mengobati sakit maag," jelas Dita kepada detikcom beberapa waktu yang lalu.

Teh Lempuyang ini memiliki berbagai kandungan untuk kesehatan yang terdapat pada kandungannya. Khasiat tersebut juga dicantumkan pada box Teh Lempuyang yang berwarna hijau dengan gambar jambu dan juga teh di depannya.

JelajahumkmdemakIni Teh Jambu Merah Delima yang Dipercaya Berkhasiat Cegah Diabetes Foto: Pradita Utama/detikcom

Apa Saja Sih Kandungan dan Manfaat dari Teh Lempuyang?

Teh Lempuyang mengandung Tanin sebanyak 8,5% yang memiliki khasiat untuk antidiabetes, dan juga mencegah penyakit gula. Selain itu, teh ini juga mengandung 75,08% antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Tak sampai di situ, terdapat juga 75,08% antioksidan fenol yang berguna untuk merilekskan tubuh. Terdapat juga, 3,15% resin untuk menurunkan kolesterol dan juga minyak atsiri sebesar 0,365% yang dapat mengobati penyakit maag.

Namun, bagi yang ingin menikmati satu teh jogoloyo ini harus bersabar karena belum dipasarkan secara luas.

"Untuk penjualan masih belum terlalu luas karena kami masih mengurus BPOM, tapi kalau dipamerkan ke pameran-pameran gitu sudah," kata Dita.

Teh Lempuyang ini juga memanfaatkan penambahan modal dari BRI untuk melakukan proses produksi. Dengan adanya permodalan tersebut, kini Teh Lempuyang sudah memiliki kotak yang dibuat sendiri dan juga peningkatan produksi sebanyak 2 kali lipat.

detikcom bersama BRI mengadakan program Jelajah UMKM ke beberapa wilayah di Indonesia yang mengulas berbagai aspek kehidupan warga dan membaca potensi di daerah. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, ikuti terus beritanya di detik.com/tag/jelajahumkmbri.



Simak Video "Menilik Sejarah dan Cara Seduh Teh ala China"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com