7 Minuman Penyebab Kembung, Hindari Susu hingga Soda

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 16 Mar 2021 08:00 WIB
7 Minuman Penyebab Kembung, Hindari Susu hingga Soda Foto: Getty Images/iStockphoto/franz12
Jakarta -

Perut kembung akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Hindari beberapa minuman penyebab kembung ini agar perut tetap nyaman sepanjang hari.

Perut kembung merupakan kondisi dimana perut terasa seperti terisi penuh dengan gas atau air. Perut kembung akan menimbulkan rasa yang mengganggu dan bahkan memicu gangguan pencernaan.

Kembung dapat disebabkan oleh asupan makanan atau minuman yang dikonsumsi. Beberapa makanan dan minuman memiliki kandungan yang dapat menghasilkan gas dan air secara berlebih di dalam perut.

Perut kembung juga bisa dihasilkan dari konsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan pemicu naiknya asam lambung. Para ahli gizi telah memperingatkan untuk sebisa mungkin kurangi konsumsi minuman-minuman yang berefek buruk bagi usus dan perut.

Dikutip dari Byrdie (22/12), berikut ini 7 minuman penyebab kembung yang perlu dihindari:

1. Kopi

human hand with white sugar packet and pouring in hot black coffee , in soft focushuman hand with white sugar packet and pouring in hot black coffee , in soft focus Foto: Getty Images/iStockphoto/Ratana21

Kopi dapat menjadi penyebab utama perut kembung. Konsumsi kopi dapat meningkatkan pergerakan usus besar, menstimulasi asam, serta berpotensi menghasilkan reflux dalam pencernaan.

Kopi juga bisa menimbulkan gejala sakit perut seperti gastritis, iritasi perut serta gangguan pada perut lainnya. Konsumsi kopi bisa diganti dengan teh herbal, teh hijau serta jenis teh lainnya yang sama-sama mengandung kafein.

2. Susu

Kembung setelah minum susu akan dialami oleh mereka yang intoleran terhadap laktosa. Saat susu masuk ke sistem pencernaan dan belum tercerna dengan baik, susu akan menyerap banyak air dari usus yang akan menimbulkan gas, kembung dan rasa tidak nyaman.

Untuk mengatasi asupan protein hewani dari susu, para penderita intoleran laktosa bisa mengganti susu hewani menjadi susu nabati. Misalnya susu almond dan susu nabati lainnya.

Baca Juga: 5 Minuman Ini Bisa Sebabkan Perut Kembung, Batasi Asupannya

3. Jus Apel

Jus apel secara alami mengandung gula yang sulit dicerna bernama sorbitol. Sorbitol ini dikaitkan dengan efeknya yang dapat menyebabkan masalah pada perut seperti diare, gas dan kembung.

Lebih parahnya, beberapa jus apel kemasan mengandung pemanis buatan tambahan yang mengandung sorbitol secara kimia. Sorbitol tambahan yang berasal dari buatan bahan kimia ini akan lebih sulit lagi untuk dicerna dan diserap oleh tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menu Nasi hingga Minuman Herbal Jadi Tren Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com