Hati-Hati! Ini 6 Efek Buruk Konsumsi Pizza Berlebihan Menurut Pakar

Di - detikFood Senin, 15 Mar 2021 18:30 WIB
Hati-Hati! Ini 6 Efek Buruk Konsumsi Pizza Berlebihan Menurut Pakar Foto: Getty Images/carlosgaw
Jakarta -

Kamu penggemar pizza? Waspadai efek buruk ini yang bisa kamu alami jika mengonsumsi pizza terlalu banyak. Dari risiko penyakit jantung hingga tekanan darah tinggi.

Pizza merupakan makanan khas Italia yang pamornya sudah mendunia. Perkembangan penyajian pizza bahkan sudah banyak disesuaikan dengan berbagai selera di seluruh dunia.

Pizza menjadi makanan yang banyak digemari karena mudah disesuaikan. Baik pizza dengan topping yang gurih dan menggiurkan hingga pizza dengan tambahan bahan-bahan yang lebih sehat.

Pizza akan cukup aman jika dikonsumsi sebanyak 2 hingga 3 potong. Meski enak, hindari mengonsumsi pizza berlebihan. Pasalnya makan pizza terlalu banyak memiliki efek yang cukup mengerikan.

Berikut ini 6 efek buruk yang bisa ditimbulkan dari konsumsi pizza berlebihan menurut Eat This, Not That! (25/1):

1. Kenaikan Berat Badan

Hati-Hati! Ini 6 Efek Buruk Konsumsi Pizza Berlebihan Menurut PakarHati-Hati! Ini 6 Efek Buruk Konsumsi Pizza Berlebihan Menurut Pakar Foto: Getty Images/carlosgaw

Pizza tinggi karbohidrat dan lemak, namun minum serat seperti sayuran. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa tubuh kita lebih dimanjakan dengan konsumsi makanan berlemak seperti pizza.

Saat mengonsumsi pizza, tubuh akan kesulitan untuk mengenali rasa kenyang yang membuat kesulitan untuk berhenti makan. Ini tentunya menjadi jalan masuknya kalori secara besar-besaran dan menumpuk berat pada tubuh.

Baca Juga: Ingin Buktikan Pizza Menyehatkan, Mahasiswi Ini Makan Pizza Saja Selama Sebulan

2. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Pizza dalam segala ukuran mengandung lemak jenuh yang berisiko menyumbat arteri. Penambahan beberapa bahan seperti sosis, keju, pepperoni dan lainnya dapat menyebabkan permasalahan pada kesehatan.

Menurut Asosiasi Jantung Amerika, lemak jenuh akan sangat menumpuk jika kamu mengonsumsi banyak daging dan keju yang kerap digunakan sebagai topping pizza. Untuk mengurangi risiko ini, kamu bisa mengganti topping pizza dengan beberapa bahan sayuran sebagai campuran.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com