Hati-hati! 10 Makanan Ini Ternyata Mengandung Zat Berbahaya

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 10 Mar 2021 11:30 WIB
Hati-hati! 10 Makanan Ini Ternyata Mengandung Zat Berbahaya Foto: iStock

7. Telur

Hati-hati! 10 Makanan Ini Ternyata Mengandung Zat BerbahayaHati-hati! 10 Makanan Ini Ternyata Mengandung Zat Berbahaya Foto: iStock

Telur menjadi makanan yang mudah diolah selain kentang. Tetapi manfaat kesehatan telur masih menjadi perdebatan bahkan di kalangan ilmuwan.

Telur dapat mengandung salmonella dan berbahaya jika dikonsumsi dalam keadaan tidak matang. Pastikan untuk memasak telur hingga sepenuhnya matang untuk menghindari masuknya bakteri ke dalam tubuh.

8. Nasi

Beras yang dimasak menjadi nasi merupakan makanan pokok mayoritas orang Indonesia. Tetapi sebuah penelitian mengungkapkan bahwa beras mengandung kadar arsenik yang cukup tinggi.

Arsenik ini merupakan racun yang dapat menyebabkan kanker yang berasal dari tanah. Beras juga bisa mengandung bakteri beracun jika nasi yang dimasak disimpan hanya pada suhu ruang dan dipanaskan kembali dengan cara yang tidak benar.

9. Singkong Mentah

Hati-hati! 10 Makanan Ini Ternyata Mengandung Zat BerbahayaHati-hati! 10 Makanan Ini Ternyata Mengandung Zat Berbahaya Foto: iStock

Singkong adalah makanan yang dapat digunakan dan diolah dalam berbagai bentuk. Mulai dari diproduksi sebagai tepung atau diolah sebagai keripik.

Tetapi mengonsumsi singkong dalam keadaan tidak matang menjadi hal yang tidak dibenarkan. Umbi ini mengandung senyawa yang disebut linamarin yang dapat berubah menjadi sianida yang beracun.

10. Teh Detoks

Teh dan minuman detoksifikasi begitu menjanjikan untuk penurunan berat badan dan manfaat kesehatan. Tetapi beberapa bahan alami justru membawa potensi yang cukup berbahaya.

Beberapa bahan alami dalam teh banyak yang mengandung senna dan valerian. Kandungan ini merupakan herbal alami yang memaksa penurunan berat badan yang tidak wajar dengan efek menyerupai pencahar.

Baca Juga: Ini 5 Makanan Mematikan dan Berbahaya yang Populer di Dunia

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(raf/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com