Hati-hati! 10 Makanan Ini Ternyata Mengandung Zat Berbahaya

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 10 Mar 2021 11:30 WIB
Hati-hati! 10 Makanan Ini Ternyata Mengandung Zat Berbahaya Foto: iStock
Jakarta -

Ada banyak kandungan dalam makanan yang perlu diwaspadai. Siapa sangka kalau 10 makanan ini ternyata mengandung zat berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan.

Setiap jenis bahan makanan memiliki kandungannya masing-masing. Nutrisi, vitamin, mineral, dan bahkan zat hingga senyawa yang ternyata dapat mengancam kesehatan.

Jika dikonsumsi dalam takaran yang sedikit, beberapa mungkin masih aman. Tetapi zat dan senyawa berbahaya yang terus menerus masuk dan menumpuk di dalam tubuh akan mengganggu kesehatan di masa depan.

Inilah gunanya untuk mengetahui dengan baik kandungan yang ada dalam bahan makanan sebelum mencampurkannya ke dalam makanan. Simak beberapa makanan yang ternyata mengandung bahan berbahaya berikut.

Dilansir melalui MSN Lifestyle (6/3), 10 makanan ini ternyata mengandung zat berbahaya :

1. Biji Pala

Hati-hati! 10 Makanan Ini Ternyata Mengandung Zat BerbahayaHati-hati! 10 Makanan Ini Ternyata Mengandung Zat Berbahaya Foto: iStock

Biji pala menjadi rempah yang cukup banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Ternyata rempah yang satu ini memiliki kandungan yang cukup berbahaya.

Dalam jumlah kecil, biji pala memang cukup aman untuk digunakan. Namun, dalam dosis besar dapat menyebabkan keracunan myristicin yang gejalanya berupa sakit kepala, mual, pusing dan halusinasi.

2. Cabai

Semua orang memiliki tingkat toleransi yang berbeda-beda terhadap rasa pedas. Beberapa orang mungkin akan mudah menghabiskan semangkuk makanan penuh cabai, sedangkan yang lainnya tidak.

Selain dapat menyebabkan sensasi mulut terbakar, cabai juga bisa menyebabkan beberapa gangguan khususnya pada perut. Misalnya seperti sakit perut dan sindrom iritasi usus.

3. Sushi

Hati-hati! 10 Makanan Ini Ternyata Mengandung Zat BerbahayaHati-hati! 10 Makanan Ini Ternyata Mengandung Zat Berbahaya Foto: iStock

Walaupun permasalahan kesehatan akibat makan sushi jarang terjadi, tetapi bagi orang yang memiliki alergi dan sensitif terhadap bahan makanan tertentu, mengonsumsi sushi menjadi pemicu alergi paling besar.

Makan ikan mentah yang ada pada sushi juga bisa menyebabkan infeksi anisakis yang dapat menyebabkan nyeri perut yang parah bahkan hingga muntah. Meskipun cacing penyebab anisakis ini tidak dapat hidup dalam usus manusia dan bisa dihindari dengan keahlian mengolah ikan mentah para koki, tetapi kemungkinan ini masih sangat ada.

Baca Juga: 5 Makanan Mematikan yang Tetap Populer Meski Berbahaya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com