Jangan Takut Gemuk, Ini 5 Manfaat Makan Banyak Saat Sarapan

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 09 Mar 2021 06:00 WIB
Jangan Takut Gemuk, Ini 5 Manfaat Makan Banyak Saat Sarapan Foto: Getty Images/iStockphoto/MilanEXPO
Jakarta -

Selain untuk memasok energi, makan banyak saat sarapan juga bermanfaat sehat untuk tubuh. Bisa tingkatkan metabolisme hingga turunkan berat badan.

Sarapan sering disebut sebagai waktu makan yang paling penting. Sarapan punya banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Tentunya manfaat sarapan ini akan semakin ampuh jika diimbangi dengan menu makanan sehat.

Terutama bagi yang sedang diet atau menurunkan berat badan. Kini tak perlu khawatir makan banyak saat sarapan, karena justru porsi sarapan yang besar bisa membantu penurunan berat badan.

Selain membantu menurunkan berat badan, manfaat makan banyak saat sarapan juga bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Menjaga kesehatan tubuh, menambah energi hingga membuat otak lebih fokus di pagi hari.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima manfaat makan banyak saat sarapan di pagi hari.

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Jangan Takut Gemuk, Ini 5 Manfaat Makan Banyak Saat SarapanJangan Takut Gemuk, Ini 5 Manfaat Makan Banyak Saat Sarapan Foto: Getty Images/iStockphoto/MilanEXPO

Dilansir dari Yahoo Life (08/03), sebuah studi diterbitkan The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism pada tahun 2020 lalu. Menunjukkan bahwa orang-orang yang menyantap makanan tinggi kalori, diimbangi dengan makan malam rendah kalori memiliki metabolisme yang lebih cepat dalam mencerna makanan.

Dibandingkan dengan orang-orang yang makan sarapan berkalori rendah, dan makan malam tinggi kalori. Lewat studi ini beberapa peneliti bisa mengukur metabolisme seseorang, melalui melalui thermogenesis yang diinduksi oleh diet tubuh (DIT).

Mereka menemukan bahwa meski orang-orang menyantap makanan dengan jumlah kalori yang sama, orang-orang yang makan banyak saat sarapan memiliki kadar DIT 2,5 kali lebih tinggi dibandingkan peserta lainnya. Hal ini lah yang memicu penurunan berat badan.

2. Bantu Turunkan Berat Badan

Jangan Takut Gemuk, Ini 5 Manfaat Makan Banyak Saat SarapanJangan Takut Gemuk, Ini 5 Manfaat Makan Banyak Saat Sarapan Foto: Getty Images/iStockphoto/MilanEXPO

Makan banyak saat sarapan bisa membantu menurunkan berat badan. Tentunya jika makanan yang disantap kaya nutrisi dan serat. Menurut situs Lifehack, dengan makan banyak saat sarapan membuat tubuh lebih lama kenyang.

Jika perut sudah kenyang usai sarapan, maka ketika waktu makan siang orang-orang tidak akan makan berlebihan. Serta menekan rasa lapar dan keinginan untuk ngemil, hingga makan junk food.

Lewat penelitian sebelumnya dijelaskan bahwa orang-orang yang makan sarapan dalam porsi sedikit, atau rendah kalori akan makan atau ngemil lebih sering.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Jaga Daya Tahan Tubuh Keluarga dengan Sarapan Berenergi Lengkap"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com