Segini Jumlah Kafein dalam Kopi, Teh, hingga Minuman Soda

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 05 Mar 2021 05:00 WIB
jumlah kafein dalam minuman, seperti kopi, teh, hingga minuman bersoda Foto: iStock
Jakarta -

Kandungan kafein terdapat dalam sejumlah minuman seperti kopi, teh, hingga minuman soda. Berapa jumlah kafein dalam setiap minuman tersebut? Yuk, cari tahu!

Beberapa minuman yang biasa dikonsumsi oleh manusia memiliki kandungan kafein di dalamnya. Kandungan kafein ada yang baik untuk tubuh, namun tak jarang juga memiliki efek samping.

Ada batasan ideal dalam mengonsumsi kafein yaitu sebanyak 400 miligram setiap harinya. Namun, jumlah tersebut tergantung pada pribadi masing-masing. Karena, banyak juga yang mengonsumsi dalam dosis kecil namun tetap bermasalah pada kesehatan.

Dilansir dari Bloomer Advance (26/2), Mayo Clinic memberikan informasi soal jumlah kafein yang terkandung dalam beberapa minuman. Seperti yang ada di dalam kopi, teh, hingga minuman soda.

Berikut jumlah kafein dalam kopi, teh, hingga minuman bersoda:

1. Brewed Coffee (Kopi Seduh)

Kopi seduh atau brewed coffee umum ditemukan di beragam coffee shop. Ada yang metode penyeduhannya manual dan memakai air dingin (cold brew).

Kopi ini biasanya disajikan dalam ukuran standar yaitu 237 mililiter. Kandungan kafein pada kopi seduh ini sekitar 96 miligram per 237 mililiter.

Baca Juga: Toleransi Kafein, Begini Efek Kafein bagi Tubuh dan Cara Mengatasinya

2. Espresso

jumlah kafein dalam minuman, seperti kopi, teh, hingga minuman bersodajumlah kafein dalam minuman, seperti kopi, teh, hingga minuman bersoda Foto: iStock

Espresso juga jadi kopi yang umum dikonsumsi. Apalagi mereka yang sangat menggemari kopi, terutama dengan rasa yang pekat. Espresso sudah ada sejak tahun 1884 dan pertama kali ada di Italia.

Ukuran standar dalam menyajikan espresso sebanyak 30 mililiter. Dalam ukuran tersebut, terdapat kandungan kafein 64 miligram.

3. Kopi Instan

Kopi instan jadi minuman yang banyak digemari karena rasanya enak dan cara membuatnya mudah. Untuk membuatnya hanya tinggal diseduh dengan air panas.

Kopi instan dalam kemasan ini menawarkan banyak varian kopi. Ada yang kopi susu, mochaccino, cappuccino, hingga kopi luwak. Dalam 237 mililiter kopi instan mengandung kafein 62 miligram.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com