7 Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta yang Perlu Diketahui Pencinta Kopi

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 05 Mar 2021 06:00 WIB
Kamu perlu tahu perbedaan kopi arabika dan robusta. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari 7 karakteristik berikut. Foto: iStock
Jakarta -

Ngaku pencinta kopi? Kamu perlu tahu perbedaan kopi arabika dan robusta. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari 7 karakteristik berikut.

Biji kopi memiliki varietas yang sangat beragam. Varietas yang paling umum digunakan dan banyak ditemukan di banyak negara adalah Arabika dan Robusta.

Di dunia bahkan diperkirakan pembagian produksi kopi menjadi 60% Arabika dan 40% Robusta. Kedua varietas yang berbeda ini memiliki komposisi yang juga berbeda dan bisa disesuaikan tergantung rasa kopi yang sedang kamu inginkan.

Pentingnya mengetahui varietas biji kopi yang digunakan untuk diseduh juga terkait kandungan kafein, rasa kopi, serta kualitas seduhan secangkir kopi yang dihasilkan.

Berikut ini 7 perbedaan karakteristik kopi Arabika dan Robusta, seperti dirangkum dari The Roasters Pack (19/9):

1. Rasa

Kopi Arabika memiliki rasa yang cenderung lebih ringan. Arabika biasanya banyak dipengaruhi oleh rasa buah-buahan yang ditanam di sekeliling pohon kopi itu sendiri.

Sedangkan Robusta memiliki rasa yang cenderung kuat dan lebih pahit. Robusta akan memberikan karakteristik rasa yang lebih gosong, agak kekacang-kacangan, dan cenderung seperti karamel.

2. Kandungan Kafein

Kamu perlu tahu perbedaan kopi arabika dan robusta. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari 7 karakteristik berikut.Kamu perlu tahu perbedaan kopi arabika dan robusta. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari 7 karakteristik berikut. Foto: iStock

Meskipun sama-sama biji kopi, keduanya memiliki kandungan kafein yang berbeda. Memilih biji kopi yang tepat akan membantu menyesuaikan kemampuan tubuh untuk menerima kafein.

Arabika memiliki kandungan kafein sebesar 1,5% yang membuat rasanya lebih ringan. Sedangkan Robusta memiliki kadar kafein sebanyak 2,7% yang membuat karakteristiknya lebih kuat.

Baca Juga: Ini 5 Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta, Suka yang Mana? https://food.detik.com/info-kuliner/d-4229894/ini-5-perbedaan-kopi-arabika-dan-robusta-suka-yang-mana

3. Kandungan Lemak dan Gula

Rasa yang berbeda antara Arabika dan Robusta juga dipengaruhi kadar lemak dan gula alami dalam biji kopi tersebut. Lemak dan gula yang terkandung ini juga menjadi faktor mengapa banyak orang lebih memilih rasa yang dihasilkan oleh kopi Arabika.

Robusta mengandung 3-7% gula dan 10-11,5% lemak. Sedangkan, Arabika memiliki kandungan yang jauh lebih tinggi yaitu 6-9% gula dan 15-17% lemak.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menikmati Kehangatan Kopi Bir Khas Boyolali"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com