Gegara Makan Mie Instan Wanita Kena Tumor Payudara, Ini Kata Ahli Gizi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 03 Mar 2021 11:30 WIB
Ini 5 Perbedaan Mie Instan Korea, Jepang dan Indonesia Foto: iStock
Jakarta -

Viral di TikTok kisah wanita 20 tahun terkena tumor payudara lantaran pola makannya yang tidak sehat. Hampir setiap hari ia makan mie instan.

Unggahan wanita bernama Sandra itu menyita perhatian lantaran kebiasaan sering makan mie instan masih dilakukan banyak orang. Sandra mengaku bisa setiap hari makan mie instan.

Selain mie instan, ia juga mengonsumsi kulit ayam goreng, fast food, dan makanan tak sehat lainnya. Dampaknya, pada September 2020, Sandra harus jalani operasi tumor payudara.

Sandra meyakini kalau pola makan tak sehatnya berkontribusi sebagai penyebab tumor payudara yang ia alami. Ukuran tumor jinak yang diangkat dari payudaranya sekitar 3 cm.

Makan Mie Instan Tiap Hari, Wanita 20 Tahun Ini Kena Tumor PayudaraGegara Makan Mie Instan Wanita Kena Tumor Payudara, Ini Kata Ahli Gizi Foto: TikTok @sndr

Baca Juga: Makan Mie Instan Tiap Hari, Wanita 20 Tahun Ini Kena Tumor Payudara

Benarkah sering konsumsi mie instan bisa picu tumor payudara?

Lantas dari sisi ilmu gizi, benarkah sering makan mie instan bisa menyebabkan tumor payudara jinak atau fibroadenoma (FAM) seperti yang dialami Sandra?

Dihubungi detikfood (3/3), ahli gizi Dr. dr. Tan Shot Yen, M. hum memberikan pandangannya. Ia mengatakan pola makan tak sehat tentu bisa memicu tumor payudara.

Hanya saja tidak mengacu pada satu jenis makanan, seperti mie instan saja atau fast food saja. Menurut Dr. Tan, penyebabnya lebih kepada akumulasi konsumsi produk ultra proses.

Sesuai namanya, makanan ultra proses adalah makanan yang melalui serangkaian proses dalam produksinya. Biasanya makanan ini memiliki cita rasa disukai lidah (palatable) dan sifatnya praktis.

Makanan ultra proses jamak ditambahkan food additives seperti gula, garam, lemak, perisa, penguat, rasa dan lainnya. Contoh makanan ini bukan hanya mie instan, melainkan juga roti, sereal, pasta, permen, es krim, margarin, dan banyak lainnya.

Dr. Tan menjelaskan fibroadenoma (FAM) adalah jenis tumor payudara yang tidak ganas. "Bahwa FAM bisa bermetaplasia jadi keganasan, tentu ada patofisiologinya," tuturnya.

World Breast Cancer Day Concept,health care - woman wore  white t-shirt and holding her chest ,women's breast tumor illnessGegara Makan Mie Instan Wanita Kena Tumor Payudara, Ini Kata Ahli Gizi Foto: Getty Images/iStockphoto/patchanan promunat

Fibroadenoma diduga terjadi karena masalah hormonal pada wanita. Dr. Tan menjelaskan pola makan memang erat kaitannya dengan gangguan hormonal.

Ia menyebut 'lingkaran sesat' yang berawal dari konsumsi makanan ultra proses, makanan tinggi kalori, dan rendah serat. Jenis makanan ini akan cepat dicerna tubuh jadi gula.

Dampaknya, stimulasi dopamin jadi berlebihan, seseorang merasa cepat lapar dan ingin makan lagi, alami kegemukan, risiko kanker semakin tinggi, hingga memicu suasana hati dan gangguan hormonal seperti FAM.

"Dan satu hal yang penting, gaya hidup sehat itu bukan cuma urusan menata makanan atau pola makan saja, tapi secara keseluruhan sebagai satu paket, termasuk aktivitas fisik, manajemen stres, pergaulan yang sehat, dan sebagainya," kata Dr. Tan.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com