Apa Benar Nonton Video Makanan Bisa Bikin Lapar? Ini Kata Peneliti

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 03 Mar 2021 10:30 WIB
Apa Benar Nonton Video Makanan Bisa Bikin Lapar? Ini Kata Peneliti Foto: Getty Images/iStockphoto/Deagreez
Jakarta -

Video makanan kerap jadi konten seru untuk ditonton saat santai atau bahkan ketika makan. Namun apa benar kalau nonton video makanan bisa bikin lapar?

Belakangan ini konten kuliner sedang menjadi jenis konten yang ramai ditonton. Mulai dari video memasak, ulasan makanan, hingga mukbang atau makan dalam porsi besar.

Video makanan ini juga banyak ditonton para foodies, baik untuk menemani mereka makan atau sebagai hiburan. Menariknya, beberapa orang mengatakan bahwa menyaksikan video makan membuat mereka merasa lapar setelahnya.

Sebagian lainnya mengakui bahwa video makanan dapat menambah nafsu makan mereka jika ditonton sambil makan. Ternyata hal ini bukan sesuatu tanpa sebab.

Apa Benar Nonton Video Makanan Bisa Bikin Lapar? Ini Kata PenelitiApa Benar Nonton Video Makanan Bisa Bikin Lapar? Ini Kata Peneliti Foto: Getty Images/iStockphoto/Deagreez

Baca Juga: 5 Video Makanan Kaki Lima Ini Populer di YouTube, Ditonton Jutaan Kali!

Dilansir melalui Times of India (26/2), penelitian terhadap pengaruh video makanan dengan nafsu makan bahkan telah dilakukan. Peneliti di University Surrey, Inggris berhasil menemukan alasan di baliknya dengan melibatkan beberapa partisipan.

Dalam penelitian tersebut, para partisipan diberikan 3 pilihan. Ketiganya adalah menonton video seseorang membuat cheese wrap, membuat cheese wrap, atau memakan cheese wrap buatan seseorang setelah melakukan kegiatan partikular seperti mewarnai gambar.

Setelah data terkumpul dan pengamatan selesai, para peneliti melihat suatu hasil yang menarik. Partisipan yang menyaksikan video makanan terbukti 14% makan lebih banyak dibanding yang sibuk mewarnai gambar.

Penemuan lainnya juga mengungkap bahwa partisipan yang membuat cheese wrapnya sendiri makan 11% lebih banyak dibandingkan yang mewarnai gambar. Tim dari University of Surrey kemudian dapat menyimpulkan sesuatu dari penemuan ini.

Apa Benar Nonton Video Makanan Bisa Bikin Lapar? Ini Kata PenelitiApa Benar Nonton Video Makanan Bisa Bikin Lapar? Ini Kata Peneliti Foto: Getty Images/iStockphoto/Deagreez

Berdasarkan analisa dan pengolahan data yang dilakukan, peneliti mengatakan memasak makanan memiliki efek yang lebih signifikan. Hal ini berkaitan dengan alasan multi-sensory effect yang aktif saat melakukan kegiatan memasak.

Mulai dari bau, suara dan rasa saat persiapan makanan ternyata bisa memberikan sinyal pada tubuh untuk siap makan. Hasilnya, tubuh akan merespon sinyal tersebut kepada otak dan badan untuk siap makan.

Para peneliti menyarankan agar hasil penelitian ini digunakan untuk sesuatu yang lebih baik. Misalnya dengan menyaksikan video makanan yang lebih sehat agar keinginan untuk makan seseorang lebih merujuk pada makanan yang sehat.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Video Mukbang Disukai Banyak Orang

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com