11 Buah untuk Diet Menurunkan Berat Badan dan Cegah Perut Buncit

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 03 Mar 2021 06:00 WIB
racun pada buah dan sayur Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Buah untuk diet menurunkan berat badan tentunya perlu diimbangi dengan konsumsi makanan sehat dan juga bergerak secara aktif. Banyak buah-buahan yang mengandung tinggi serat dan air sehingga cocok dikonsumsi kamu yang sedang diet.

Dikutip dalam Mens Health, Maggie Michalczyk, MS, RD mengatakan sebagian besar buah yang memiliki kandungan air tinggi juga dapat membantu kamu memiliki rasa kenyang yang lebih lama.

Meskipun buah mengandung gula, akan tetapi itu bukanlah jenis tambahan yang ada di banyak makanan olahan. Gula alami buah juga dipasangkan dengan serat yang dapat membantu mengatur respon gula darah terhadap gula tersebut.

Selain itu, buah juga mengandung kalori lebih rendah dibandingkan dengan makanan atau minuman manis lainnya. Jika ingin menurunkan berat badan dan lemak perut, makanlah buah utuh bukan jus yang seringkali tidak mengandung serat.

Berikut ini beberapa buah untuk diet menurunkan berat badan:

1. Nanas

Makanan untuk diet menurunkan berat badan yang punya sensasi rasa segar adalah nanas. Nanas kaya akan vitamin dan mineral yang sangat bagus untuk dijadikan camilan sehat.

Nanas mengandung tinggi vitamin C, mangan dan antioksidan. Tambahkan nanas ke dalam smoothies jika ingin menikmatinya dalam keadaan dingin.

2. Semangka

Buah semangka mengandung 92 persen air. Airnya dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan mendapatkan antioksidan likopen yang dapat melindungi dari kanker prostat pada pria.

Buah semangka juga menyegarkan dan sangat enak dikonsumsi sebagai campuran salad.

3. Grapefruit

Grapefruit memang sering disebut-sebut sebagai buah yang cocok untuk diet. Meskipun grapefruit tidak langsung menghilangkan lemak, akan tetapi kandungan air pada grapefruit dapat membantu untuk merasa kenyang lebih lama. Makan setengah grapefruit dapat membantu kenyan lebih lama. Agar rasanya lebih enak sebaiknya tambahkan grapefruit ke dalam madu atau greek yogurt.

4. Pir

Satu buah pir mengandung enam gram serat. Ini menjadikan buah pir sangat bagus untuk membantu kamu kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit sehingga dapat menurunkan berat badan.

Pir juga merupakan sumber potasium yang baik, mineral penting untuk otot yang aktif. Jadi nikmatilah buah pir setelah berolahraga sebagai pengganti camilan sehat.

5. Alpukat

Secara teknik, buah alpukat bagus untuk menurunkan berat badan karena mengandung lemak sehat. Lemak itu bisa membantu kamu kenyang lebih lama. Meskipun ini bukan rendah kalori, kandungan lemaknya bersama dengan lemak tak jenuh tunggal yang sehat sangat bagus untuk jantung. Buah alpukat juga mengandung vitamin E dan kalium.

6. Blueberry

Blueberry adalah sumber serat yang baik dan dapat membuat kenyang lebih lama. Dan mereka dapat dinikmati sebagai campuran oatmeal atau smoothies.

7. Raspberi

Buah beri adalah sumber serat yang bagus. Buah ini mengandung delapan gram serat per cangkir yang dapat membuat kamu tetap kenyang. Selain itu buah ini juga menjadi sumber protein seperti kacang-kacangan.

8. Stroberi

Stroberi adalah salah satu daftar makanan untuk diet menurunkan berat badan. Memiliki rasa manis alami, stroberi dapat membantu memuaskan keinginan akan sesuatu yang manis.

9. Jeruk

Jeruk merupakan buah rendah kalori yang banyak mengandung vitamin. Buah ini menghidrasi dan bisa jadi camilan yang dipasangkan dengan protein sehingga membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

10. Apel

Buah untuk diet menurunkan berat badan salah satunya adalah apel. Konsumsi apel dengan telur rebus bisa jadi kombinasi camilan yang baik karena mengandung protein dan serat. Kombinasi ini dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

11. Mangga

Buah mangga adalah buah untuk diet menurunkan berat badan karena rendah kalori sehingga baik untuk ditambahkan ke dalam menu diet. Buah mangga mengandung serat, vitamin C dan folat.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Sirup Buah yang Nyegerin"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com