7 Makanan untuk Atasi Noda Hitam Bekas Jerawat

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 27 Feb 2021 08:00 WIB
7 Makanan untuk Atasi Noda Hitam Bekas Jerawat Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Noda hitam bekas jerawat atau flek hitam di wajah kerap sulit dihilangkan. Ternyata secara alami, bahan makanan berikut bisa mengatasi noda hitam bekas jerawat di wajah.

Kulit yang sehat dan mulus punya peran penting untuk menunjang penampilan. Kulit yang sehat tentunya akan memberikan seseorang kepercayaan diri yang lebih tinggi lagi.

Sayangnya, beberapa masalah kulit seperti jerawat, terpaan matahari, atau bekas luka sering meninggalkan bekas noda hitam di wajah. Noda hitam juga seringkali muncul akibat kulit yang terlalu kering.

Berbagai produk kecantikan juga banyak dibuat untuk menyamarkan noda hitam, tapi ternyata beberapa bahan makanan dapat memudarkan noda hitam ini dengan alami.

Dirangkum melalui Times of India (21/2), berikut 7 bahan makanan untuk atasi noda hitam bekas jerawat di wajah:

1. Lemon dan Madu

7 Makanan untuk Atasi Noda Hitam Bekas Jerawat7 Makanan untuk Atasi Noda Hitam Bekas Jerawat Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes

Segelas air lemon yang dicampur satu sendok teh madu disebut mampu membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Kandungan antioksidan dan vitamin C di dalamnya juga secara alami dapat meningkatkan sintesis kolagen pada kulit.

Mengonsumsi air lemon dan madu atau mengaplikasikan campuran lemon dan madu sebagai masker wajah dapat membuat kulit bercahaya secara alami dan memudarkan noda hitam pada wajah. Manfaat ini didapatkan dari kandungan madu yang kaya antioksidan dan asam yang ada pada lemon yang kemudian bekerja sebagai pembersih alami untuk mengatasi noda hitam di wajah.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah sejak lama diketahui manfaatnya untuk tubuh. Lidah buaya mengandung vitamin A, B, C dan E yang sangat baik untuk kulit dan kesehatan.

Lidah buaya mengandung 90% asam amino alami yang ekstraknya sangat baik untuk melembabkan kulit, bahkan untuk dikonsumsi sekalipun. Mengaplikasikan lidah buaya secara rutin dapat membantu menyamarkan noda hitam pada wajah dan mengurangi pigmentasi akibat terpaan matahari.

Baca Juga: 7 Makanan yang Harus Dihindari agar Kulit Sehat dan Glowing

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com