4 Pola Makan Orang Jepang yang Bikin Panjang Umur, Tiru Yuk!

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 26 Feb 2021 11:30 WIB
pola makan panjang umur orang jepang Foto: iStock , Times Now News
Jakarta -

Banyak orang Jepang yang memegang rekor sebagai orang paling tua di dunia. Ingin berumur panjang seperti orang Jepang? Ikuti 4 pola makan ini!

Banyak orang Jepang yang memecahkan rekor dunia dari Guinness Wolrd Records karena umur panjangnya. Mereka bisa bertahan hidup dengan usia melebihi 1 abad.

Dilansir dari Times Now News (22/2), seorang kakek bernama Chitetsu Watanabe mendapatkan rekor dunia karena umurnya mencapai 112 tahun dan ia masih sehat. Kakek ini tinggal di Joetsu, Prefektur Niigata, Jepang Utara.

pola makan panjang umur orang jepangpola makan panjang umur orang jepang Foto: Times Now News

Lantas, bagaimana sih pola hidup orang Jepang yang memiliki umur panjang ini? Ada beberapa pola makan sehat yang mereka terapkan.

Berikut 4 pola makan orang Jepang yang bisa bikin kamu panjang umur:

1. Hara Hachi Bun Me

Apa itu 'Hara Hachi Bun Me'? Dalam bahasa Jepang, itu merupakan istilah yang memiliki arti "makan sampai kamu kenyang 80 persen."

Istilah ini berasal dari Okinawa, Jepang. Hal tersebut selalu diterapkan orang Jepang sebagai pengingat mereka untuk berhenti makan sebelum kenyang dan mengendalikan kebiasaan makan.

Baca Juga: Dari Jepang hingga Argentina, Ini Pola Makan Sehat yang Bikin Badan Ramping

2. Etika Makan Orang Jepang

pola makan panjang umur orang jepangpola makan panjang umur orang jepang Foto: iStock , Times Now News

Ada beberapa etika makan orang Jepang yang harus diterapkan. Seperti menyajikan makanan di piring yang lebih kecil. Makan bersama keluarga juga harus di tempat khusus, tidak boleh di depan TV karena akan mengganggu aktivitas makan.

Lalu, orang Jepang juga lebih suka makan di lantai dan menggunakan sumpit. Sebenarnya etika makan orang Jepang ini dirancang untuk membuat waktu makan menjadi lambat. Karena, pada dasarnya makan tidak boleh terburu-buru agar mudah dicerna.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Beef Rosemary dan Chicken Verde yang Juicy"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com