Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Akibat Kekurangan Karbohidrat

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 24 Feb 2021 10:30 WIB
Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Akibat Kekurangan Karbohidrat Foto: iStock

2. Tubuh Akan Mengalami Ketosis

Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Akibat Kekurangan KarbohidratIni yang Akan Terjadi pada Tubuh Akibat Kekurangan Karbohidrat Foto: iStock

Kurangnya asupan karbohidrat akan memengaruhi keseimbangan di dalam tubuh. Salah satunya adalah timbulnya ketosis.

Ketosis merupakan kondisi dimana fragmen kecil karbon yang disebut keton akan dilepaskan ke dalam darah. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak memiliki karbohidrat untuk dibakar sehingga lemak menjadi alternatifnya.

Misalnya pada diet keto yang awalnya terdengar begitu menarik, tetapi yang sebenarnya terjadi adalah lemak akan menjadi sumber bahan bakar dan tubuh akan membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan metabolisme.

3. Berkurangnya Air Dalam Tubuh

Saat melakukan diet keto atau diet rendah karbohidrat, yang cepat berkurang sebenarnya bukan kadar lemak dalam tubuh, melainkan kadar air lebih dulu.

Berkurangnya kadar air ini membuat diet keto pada awalnya terlihat sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Kenyataannya adalah berat badan yang sebenarnya akan menurun ketika berat badan yang disebabkan air sudah berkurang habis.

Menurutmetaanalisis pada 2013, dietketogenik rendah karbohidrat memang lebih efektif dibandingkan dengan diet rendah lemak. Tetapi, diet rendah karbohidrat akan menimbulkan masalah kesehatan jika dilakukan dalam jangka panjang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com