Kalori Susu Kedelai dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Tim detikcom - detikFood Selasa, 23 Feb 2021 06:00 WIB
Healthy hazelnut drink (smoothie) - horizontal Foto: iStock/Kalori Susu Kedelai dan Manfaatnya untuk Kesehatan
Jakarta -

Susu kedelai adalah minuman nabati yang sering dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi.

Susu kedelai mengandung banyak manfaat seperti vitamin D dan kalsium. Selain itu selain sebagai lemak sehat, susu kedelai adalah satu-satunya alternatif produk susu yang menawarkan jumlah protein yang sama seperti susu sapi.

Kandungan nutrisi dalam susu kedelai sebanding dengan susu sapi, seperti dilansir medicalnewstoday. Terlepas dari sifat alami bebas kolesterol dan vegan, susu kedelai mengandung isoflavon.

Penelitian menunjukkan bahwa isoflavon adalah antioksidan, dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, dan mungkin juga memiliki efek antikanker. Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, mengonsumsi protein kedelai setiap hari dapat menurunkan kolesterol LDL.

Ada begitu banyak alasan mengapa Anda mungkin beralih ke susu kedelai untuk campuran kopi, smoothie, atau sereal. Pertama, Anda mungkin tidak menyukai rasa susu sapi, dan Anda mungkin juga lebih menyukai susu kedelai daripada alternatif non-susu lainnya.

Anda mungkin juga menghindari produk susu karena berbagai alasan, baik untuk kesehatan atau diet. Beberapa orang juga tidak toleran terhadap laktosa. Mereka kesulitan mencerna gula yang disebut laktosa, yang merupakan karbohidrat yang ditemukan dalam susu sapi.

Banyak sekali jenis susu kedelai yang beredar di pasaran, dan jumlah kalori serta tambahan gula akan berbeda tergantung dari apa yang Anda beli. Karena itu periksa selalu periksa label fakta nutrisi pada merek pilihan Anda.

Berikut ini fakta nutrisi termasuk kalori susu kedelai tanpa pemanis dikutip dari everydayhealth:

-Kalori: 80
-Lemak: 4 gram (g)
-Lemak jenuh: 0,5 g
-Karbohidrat: 3 g
-Serat: 2 g
-Protein: 7 g
-Sugar 0 g

Seperti yang Anda lihat, susu kedelai banyak dikemas ke dalam cangkir kecil. Susu kedelai kaya protein, rendah gula, dan menawarkan beberapa gram serat. Bahkan kalori susu kedelai hanya 80 kalori.



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com