8 Makanan Pelancar ASI yang Alami dan Efektif untuk Ibu Menyusui

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 20 Feb 2021 13:00 WIB
telur kacang hijau Foto: Istimewa
Jakarta -

Makanan pelancar ASI bisa membuat si kecil mendapatkan cukup nutrisi dari ibu. Berkurangnya volume ASI ibu menyusui bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah stres dan kurangnya konsumsi makanan sehat.

Nutrisi dari makanan segar sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui. Banyak jenis makanan sehat yang dipercaya dapat melancarkan ASI.

Berikut beberapa jenis makanan pelancar ASI yang bisa dikonsumsi ibu menyusui:

1. Telur

Telur merupakan sumber protein nabati dan juga lemak yang sangat baik dikonsumsi untuk ibu menyusui. Kandungan protein dalam satu butir
telur tidak hanya bisa membantu lancarkan ASI tetapi juga dapat menggantikan energi tubuh dan memproduksi sel jaringan tubuh.

2. Daun katuk

Daun katuk yang memiliki nama latin Sauropus androgynous (L.) Merr terbukti dapat meningkatkan produksi ASI. Daun katuk mengandung karoten cukup tinggi dan laktagogum berguna untuk meningkatkan atau memperlancar produksi ASI.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan sawi mengandung zat besi, kalsium, serat dan asam folat. Sayuran hijau sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui bisa membantu memproduksi ASI secara efektif.

Young mother hands holding full plastic breast pump bottle. Closeup. Preparing milk for baby feeding. Front view.Young mother hands holding full plastic breast pump bottle. Closeup. Preparing milk for baby feeding. Front view. Foto: Getty Images/iStockphoto/FotoDuets

4. Oatmeal

Dikutip dalam Todays Parent, oatmeal sangat baik untuk ibu menyusui. Oatmeal juga dapat mengendalikan kadar gula darah setelah melahirkan dan sangat baik untuk sistem pencernaan karena mengandung serat.

5. Daun pepaya

Meskipun memiliki rasa pahit, daun pepaya punya banyak vitamin dan nutrisi yang bisa membantu lancarkan ASI.

Daun pepaya dapat dikonsumsi dengan cara ditumis ataupun dicampur dengan bumbu urap. Kandungan vitamin dan mineral dalam daun pepaya juga bisa meningkatkan kekebalan dan sistem imunitas tubuh.

6. Kacang hijau

Kacang hijau bisa diolah menjadi camilan sebagai makanan pelancar ASI terbaik. Kacang hijau mengandung thiamin atau vitamin B yang bisa
mengubah karbohidrat menjadi energi untuk ibu yang tengah menyusui. Selain itu, kacang hijau juga rendah natrium dan lemak jenuh sehingga
tidak mengandung kolesterol.

7. Biji wijen


Biji wijen mengandung kalsium, nutrisi yang sangat penting bagi ibu menyusui dan bayi. Tiga sendok makan biji wijen mengandung 25 persen dari jumlah yang disarankan untuk ibu menyusui. Bunda bisa menaburkan biji wijen di atas salad untuk menikmati manfaatnya.

Ilustrasi ibu menyusuiIlustrasi ibu menyusui Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

8. Susu kedelai

Makanan pelancar ASI ibu menyusui salah satunya adalah susu kedelai. Susu kedelai menjadi salah satu susu rendah lemak yang mengandung lesithin, antioksidan, saponin dan juga isoflavon yang membantu cegah pertumbuhan sel tidak
normal.



Simak Video "Menyusui Massal Demi Masa Depan Si Buah Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DRooftalk
×
Lebaran Dilarang Mudik
Lebaran Dilarang Mudik Selengkapnya