7 Sayuran untuk Diet dan Kalorinya

Tim detikcom - detikFood Rabu, 17 Feb 2021 11:30 WIB
Duh! Video TikTok Ini Ajarkan Orang Untuk Potong Wortel Pakai Gigi Foto: @steel.jobe/TikTok/7 Sayuran untuk Diet dan Kalorinya
Jakarta -

Sayuran dikenal sebagai makanan yang sangat baik untuk kesehatan. Kebanyakan sayuran rendah kalori dan tinggi vitamin, mineral dan serat.

Beberapa sayuran bahkan bermanfaat untuk melawan peradangan atau mengurangi risiko penyakit tertentu.

Berikut 7 sayuran untuk diet dilansir Healthline:

1. Bayam

Tanaman hijau berdaun ini menempati urutan teratas sebagai salah satu sayuran tersehat, berkat nutrisinya yang mengesankan.

Satu cangkir (30 gram) bayam mentah menyediakan 56% kebutuhan vitamin A harian Anda ditambah seluruh kebutuhan vitamin K harian Anda. Bayangkan, bayam hanya mengandung 7 kalori.

Bayam juga mengandung banyak antioksidan, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis.

Satu studi menemukan bahwa sayuran berdaun hijau tua seperti bayam mengandung beta-karoten dan lutein yang tinggi, dua jenis antioksidan yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker.

Selain itu, sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa konsumsi bayam bermanfaat bagi kesehatan jantung, karena dapat menurunkan tekanan darah.


2. Wortel

Wortel mengandung vitamin A yang menyediakan 428% dari nilai yang direkomendasikan harian hanya dalam satu cangkir (128 gram).

Wortel juga mengandung beta-karoten, antioksidan yang memberi wortel warna oranye cerah dan dapat membantu pencegahan kanker.

Faktanya, satu penelitian mengungkapkan bahwa untuk setiap porsi wortel per minggu, risiko kanker prostat peserta menurun sebesar 5%.

Wortel juga tinggi vitamin C, vitamin K, dan kalium. 1 Wortel ukuran sedang mengandung 45 kalori.


3. Brokoli

Brokoli kaya akan senyawa tanaman yang mengandung sulfur yang dikenal sebagai glukosinolat, serta sulforaphane, produk sampingan dari glukosinolat.

Sulforaphane penting karena telah terbukti memiliki efek perlindungan terhadap kanker.
Selain kemampuannya mencegah penyakit, brokoli juga sarat dengan nutrisi.

Secangkir (91 gram) brokoli mentah menyediakan 116% kebutuhan vitamin K harian Anda, 135 % dari kebutuhan vitamin C harian, dan folat, mangan, dan kalium dalam jumlah yang baik. Selain itu brokoli mengandung 34 kalori.


4. Ketimun

Ketimun adalah salah satu sayuran diet yang bisa langsung dimakan. Sayuran ini mengandung banyak air, tidak mengandung lemak atau karbohidrat.

Sayuran untuk diet ini mengandung 10 kalori. Sayuran ini dapat dimakan untuk salad, isian sandwich, atau jus.


5. Asparagus

Sayuran untuk diet ini kaya akan beberapa vitamin dan mineral. Setengah cangkir (90 gram) asparagus menyediakan sepertiga dari kebutuhan folat harian Anda.

Asparagus juga menyediakan banyak selenium, vitamin K, thiamin dan riboflavin.

Mendapatkan cukup folat dari sumber seperti asparagus dapat menawarkan perlindungan dari penyakit dan dapat mencegah cacat lahir tabung saraf selama kehamilan.

Sayuran ini juga hanya mengandung 20 kalori.


6. Kubis Brussel

Seperti brokoli, kubis Brussel adalah anggota keluarga sayuran cruciferous dan mengandung senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan.

Kubis Brussel juga mengandung kaempferol, antioksidan yang mungkin sangat efektif dalam mencegah kerusakan sel.

Konsumsi kubis Brussel juga dapat membantu meningkatkan detoksifikasi.

Selain itu, kubis Brussel sangat padat nutrisi. Setiap porsi menyediakan banyak vitamin dan mineral, termasuk vitamin K, vitamin A, vitamin C, folat, mangan dan kalium. Sayuran untuk diet ini hanya mengandung 43 kalori.

7. Kale

Seperti sayuran hijau lainnya, kale terkenal dengan kualitasnya yang meningkatkan kesehatan, termasuk kepadatan nutrisi dan kandungan antioksidannya.

Secangkir (67 gram) kale mentah mengandung banyak vitamin B, kalium, kalsium, dan tembaga.

Kale juga memenuhi seluruh kebutuhan harian Anda untuk vitamin A, C dan K.

Karena jumlah antioksidannya yang tinggi, kangkung juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung.

Sayuran untuk diet ini juga hanya mengandung 50 kalori.



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com