5 Camilan Sebelum Tidur yang Enak dan Menyehatkan

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 16 Feb 2021 19:30 WIB
Ilustrasi lapar tengah malam. Foto: iStock
Jakarta -

Sebagian orang seringkali lapar tiba-tiba saat malam. Agara tak picu berat badan naik, pilihlah beberapa camilan sehat ini.

Meskipun sudah makan malam, lapar saat menjelang tidur seringkali tiba-tiba terjadi. Baik lapar karena fisik maupun lapar emosional.

Beberapa ahli gizi mengatakan bahwa camilan malam sangat berbahaya bagi kesehatan. Terutama camilan malam berupa makanan ringan dengan tinggi kalori dan gula.

Camilan malam yang asal comot memang memiliki efek buruk yang merusak bagi tubuh. Mulai dari meningkatkan berat badan secara berlebih hingga mendatangkan banyak gejala penyakit berbahaya.

Dilansir dari Today (30/12), berikut ini ada 5 camilan yang bisa dinikmati saat malam hari dan dinilai lebih sehat oleh para ahli gizi:

1. Kacang campur

5 Camilan Sebelum Tidur yang Enak dan Menyehatkan5 Camilan Sebelum Tidur yang Enak dan Menyehatkan Foto: Getty Images/iStockphoto/Tatyana Berkovich

Camilan ini terbuat dari popcorn, kacang-kacangan dan buah kering. Komposisi camilan seperti ini sangat tepat jika ingin dijadikan sebagai camilan saat malam hari karena mengandung nutrisi yang baik.

Karbohidrat pada popcorn akan membantu tubuh untuk relaksasi dan magnesium pada kacang juga memberikan sensasi ketenangan. Pemanis alami yang ada pada buah-buahan kering juga akan jauh lebih aman dibanding makanan ringan dengan kalori dan gula tambahan yang cukup tinggi.

Baca Juga: Lapar Jelang Tidur? Ini 8 Camilan yang Bisa Jadi Pilihan

2. Oatmeal

Bukan hanya saat sarapan pagi, oatmeal juga cocok untuk dinikmati saat malam hari. Oatmeal mengandung karbohidrat yang dicerna secara perlahan oleh tubuh serta 4 gram serat yang akan memberikan rasa kenyang.

Oatmeal bisa menjadi camilan yang mengenyangkan tetapi tetap rendah gula dan kalori untuk dinikmati saat malam. Tambahkan pisang untuk lebih banyak kalium juga untuk membantu mengatasi kram pada kaki saat malam hari.

3. Alpukat dan Roti Panggang

5 Camilan Sebelum Tidur yang Enak dan Menyehatkan5 Camilan Sebelum Tidur yang Enak dan Menyehatkan Foto: Getty Images/iStockphoto/Tatyana Berkovich

Roti panggang ternyata juga cocok untuk dinikmati sebagai camilan malam. Roti panggang akan lebih bernutrisi jika ditambahkan dengan alpukat lumat di atasnya.

Alpukat memiliki kandungan magnesium yang tinggi yang dapat membuat tubuh menjadi rileks saat malam. Kandungan magnesium yang ada pada alpukat akan menambah efektivitas karbohidrat pada roti yang juga berfungsi merelaksasi tubuh sebelum tidur.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Camilan dari Kacang Mede yang Manis"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DRooftalk
×
Lebaran Dilarang Mudik
Lebaran Dilarang Mudik Selengkapnya