Makanan Terasa Aneh Di Mulut? Hati-Hati, Bisa Jadi Gejala COVID-19!

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 17 Feb 2021 06:00 WIB
Makanan Terasa Aneh Di Mulut? Hati-Hati, Bisa Jadi Gejala COVID-19! Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem

6. Kelainan Autoimun

Makanan Terasa Aneh Di Mulut? Hati-Hati, Bisa Jadi Gejala COVID-19!Makanan Terasa Aneh Di Mulut? Hati-Hati, Bisa Jadi Gejala COVID-19! Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem

Penyakit autoimun dapat menjadi salah satu sumber yang menyebabkan perubahan rasa. Autoimun juga dapat menimbulkan kekeringan yang parah pada tubuh. Termasuk kekeringan pada mulut yang akhirnya berdampak pada kemampuan lidah dalam mengenali rasa.

Selain perubahaan mengenali rasa, gejala lainnya yang mungkin dirasakan dapat berupa mata atau hidung yang terasa kering, permasalahan pada gigi atau perut bahkan nyeri otot yang mungkin sering dirasakan. Jika kamu mengalami gejala yang disebutkan, lebih baik segera konsultasi ke dokter untuk dievaluasi.

7. Permasalahan Neurologi

"Beberapa permasalahan neurologi berdampak pada saraf kranial yang memengaruhi indera perasa," kata Dr. Kaye.

Permasalahan neurologi ini salah satu seperti Bell's palsy. Menurut Dr. Kaye, Bell's palsy dapat dirasakan pada perubahan indera perasa sebelum terlihat secara fisik pada salah satu bagian wajah.

8. Gejala COVID-19

Makanan Terasa Aneh Di Mulut? Hati-Hati, Bisa Jadi Gejala COVID-19!Makanan Terasa Aneh Di Mulut? Hati-Hati, Bisa Jadi Gejala COVID-19! Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem

Akhir-akhir ini sebagian pasien COVID-19 mengeluhkan hilangnya kemampuan mencium bau dan merasakan makanan. Para dokter sudah menetapkan bahwa kehilangan kemampuan mengenali bau dan mencecap makanan menjadi salah satu gejala COVID-19.

Menurut Dr. Del Signore, virus Corona dapat berdampak pada saraf olfactory di hidung yang mengganggu indra penciuman. Dr. Kaye juga menambahkan bahwa beberapa pasien COVID-19 ada yang mengalami gejala kehilangan kemampuan merasakan makanan tanpa kehilangan kemampuan penciuman.

Baca Juga: Indera Perasa Hilang karena COVID-19, Wanita Ini Tak Bisa Rasakan Es Kopi

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com