5 Makanan Sehat Ini Bisa Gagalkan Diet Jika Dikonsumsi Berlebihan

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 14 Feb 2021 08:00 WIB
Fruit smoothie with mint leaves on wooden rustik table Foto: iStock

3. Extra Virgin Olive Oil

5 Makanan Sehat Ini Bisa Gagalkan Diet Jika Dikonsumsi Berlebihan5 Makanan Sehat Ini Bisa Gagalkan Diet Jika Dikonsumsi Berlebihan Foto: Getty Images/iStockphoto/gradyreese

Minyak zaitun merupakan minyak padat kalori yang sehat. Minyak zaitun bahkan direkomendasikan oleh banyak chef dan ahli gizi.

Minyak zaitun terbuat dari lemak murni yang dapat menjadi sumber energi. Sayangnya, dalam 1 sendok makan minyak zaitun mengandung kalori yang cukup besar yaitu sebanyak 200 kalori.

Hal ini tidak membuat penggunaan minyak zaitun harus dikurangi. Hanya saja, perhatikan lagi penggunaannya dan gunakan secukupnya saja.

4. Jus

Jus memang dapat menjadi cara yang lebih mudah untuk mengonsumsi buah dan sayuran. Jus juga akan memudahkan mikronutrien masuk ke dalam tubuh tanpa harus dikunyah.

Sayangnya, beberapa jus justru tidak memiliki serat sebanyak jumlah pada buah utuh. Bahkan pada jus kemasan lebih banyak ditemukan bahan-bahan tambahan yang mengalahkan nutrisi sehat alami dari jus buah atau sayuran.

Buah potongan segar bisa menjadi pilihan lain untuk makan buah yang lebih mudah dengan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan jus. Jika kamu tetap menginginkan minum jus sebaiknya kamu membuat sendiri jus di rumah atau membatasi asupan jus kemasan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com