Rutin Minum Kopi Hitam Bisa Kurangi Risiko Gagal Jantung

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 11 Feb 2021 06:30 WIB
3 Cara Mudah untuk Berhenti Minum Kopi Foto: iStock
Jakarta -

Para peneliti temukan fakta bahwa rutin minum kopi hitam bisa kurangi risiko gagal jantung. Begini penjelasan hasil penelitiannya.

Kopi merupakan minuman yang digemari oleh sebagian besar orang dewasa. Beberapa orang bahkan bisa minum lebih dari 1 cangkir kopi setiap harinya.

Dampak kesehatan yang ditimbulkan oleh konsumsi kopi masih menjadi perdebatan pada kalangan ahli gizi. Hal ini mencakup porsi harian, campuran dan cara penyajian kopi yang dianjurkan.

Baru-baru ini sebuah penelitian di Amerika Serikat telah menemukan dampak yang diberikan oleh kopi terkait kesehatan. Temuan ini pun cukup memberi harapan bagi pecinta kopi.

Kopi dan Matcha, Mana Lebih Sehat? Ini Perbandingan Nutrisinyakopi bisa turunkan risiko gagal jantung Foto: iStock

Melansir dari Science Daily (9/2) penyakit arteri koroner dan gagal jantung menjadi salah satu penyebab utama kematian khususnya di Amerika Serikat. Hal ini menjadi salah satu alasan yang membuat para ilmuwan tertarik untuk membahas kaitan konsumsi kopi dan penyakit jantung.

"Risiko dan manfaat minum kopi telah menjadi topik minat ilmiah yang berkelanjutan karena popularitas dan frekuensi konsumsi di seluruh dunia," kata salah seorang peneliti, Linda Van Horn.

Penelitian ini menggunakan data yang diambil dari kelompok Framingham Heart Study dan merujuk kepada data risiko aterosklerosis dan penelitian komunitas dan kesehatan kardiovaskular. Penelitian bahkan mencakup 10 tahun tindak lanjut tentang para partisipan yang merupakan 21.000 orang dewasa.

Baca Juga: Efek Samping dan Bahaya Minum Kopi Instan Setiap Hari

Analisa yang dilakukan mengkategorikan konsumsi kopi sebagai 0, 1, 2 dan 3 cangkir per hari. Beberapa temuan pun didapatkan setelah analsisi data dilakukan.

Dalam ketiga penelitian, partisipan yang melaporkan minum 1 cangkir kopi atau lebih per hari memiliki risiko gagal jantung jangka panjang. Sedangkan pada penelitian Framingham Heart and the Cardiovascular Health ditemukan bahwa risiko gagal jantung selama beberapa dekade menurun 5 - 12% per cangkir.

Dalam penelitian risiko aterosklerosis, risiko gagal jantung tidak mengalami perubahan pada kuantitas 0 - 1 cangkir kopi per hari. Tetapi, partisipan yang minum 2 cangkir per hari ditemukan memiliki risiko 30% lebih rendah.

Hal ini diduga merupakan efek yang diberikan oleh kandungan kafein pada kopi. Dibuktikan melalui kopi decaf yang ternyata tidak memberikan efek apapun terhadap risiko gagal jantung.

Kopi memang menjadi minuman yang bisa direkomendasikan karena kandungan kafeinnya yang tinggi. Tetapi ternyata bukan hanya kopi, berbagai minuman yang mengandung kafein juga bisa menurunkan risiko gagal jantung.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com