10 Makanan untuk Penderita Diabetes dengan Indeks Glikemik Rendah

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 11 Feb 2021 15:30 WIB
makanan rendah indeks glikemik Foto: iStock

4. Anggur

Anggur secara signifikan dikaitkan dengan indikasi yang rendah terhadap diabetes. Hal berkaitan dengan beberapa kandungan anggur yang baik untuk kesehatan.

Anggur memiliki fitokimia yang disebut dengan resveratrol. Kandungan ini dapat memodulasi tingkat glukosa darah dan mencegahnya menjadi tinggi.

5. Brokoli

makanan rendah indeks glikemikmakanan rendah indeks glikemik Foto: iStock

Brokoli tergolong makanan untuk penderita diabetes yang punya banyak manfaat. Brokoli mengandung konsentrasi sulforaphane yang tinggi yang dapat menurunkan kadar glukosa.

Brokoli juga dapat meningkatkan resisten insulin pada penyintas diabetes. Brokoli mengandung GI hanya sebesar 15, serta nutrisi lain seperti kalsium, zat besi, zinc dan beberapa vitamin.

6. Bayam

Menurut sebuah penelitian, nitrat organik pada bayam dapat membantu pasien diabetes. Nitrat organik pada bayam dapat mengubah resisten insulin dan disfungsi sel menjadi lebih stabil.

Bayam juga memiliki kemampuan untuk menstabilkan tingkat glukosa darah dan mencegah komplikasi yang berhubungan dengan penyakit diabetes. Bayam mengandung GI hanya sebesar 15.

7. Tomat

makanan rendah indeks glikemikmakanan rendah indeks glikemik Foto: iStock

Selain memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, tomat juga mengandung kadar GI yang rendah. Ini akan sangat baik untuk mengendalikan diabetes maupun mengatasi inflamasi.

Kandungan antioksidan dan GI yang rendah dapat menurunkan stres oksidasi di dalam tubuh dan mencegah inflamasi. Kedua faktor ini diketahui sebagai penyebab utama diabetes dan penyakit komplikasinya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com