10 Makanan untuk Penderita Diabetes dengan Indeks Glikemik Rendah

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 11 Feb 2021 15:30 WIB
makanan rendah indeks glikemik Foto: iStock
Jakarta -

Makanan untuk penderita diabetes harus diperhatikan supaya kadar gula darah tak melonjak. Pilihan terbaiknya adalah makanan dengan indeks glikemik rendah.

Diabetes merupakan penyakit yang paling banyak diderita di hampir seluruh dunia. Biasanya diabetes akan lebih mudah menyerang orang usia dewasa hingga usia lanjut.

Tetapi, bagi mereka yang masih muda juga tidak menutup kemungkinan memiliki risiko diabetes jika tidak menjaga pola makannya dengan baik. Diabetes merupakan kondisi dimana tubuh tidak mampu memproduksi insulin yang cukup untuk mengubah glukosa yang masuk melalui makanan menjadi energi yang diperlukan oleh tubuh.

Glukosa yang masuk ke dalam tubuh dikaitkan dengan kandungan karbohidrat yang terlalu tinggi dalam makanan. Maka, penting untuk memerhatikan keseimbangan asupan makanan serta indeks glikemik yang ada pada bahan makanan.

Berikut ini 10 makanan untuk penderita diabetes yang mengandung indeks glikemik rendah, menurut Boldsky (5/2):

1. Jeruk

makanan rendah indeks glikemikmakanan rendah indeks glikemik Foto: iStock

Menurut Asosiasi Diabetes Amerika (ADA), jeruk merupakan salah satu dari sekian banyak buah yang memiliki indeks glikemik rendah. Artinya jeruk akan memberikan efek pada tingkat glukosa dengan sangat perlahan.

Jeruk juga mengandung serat, potasium, folat dan vitamin C yang berkontribusi pada kesehatan termasuk diabetes. Jeruk mengandung indeks glikemik (GI) sebesar 48.

2. Apel

Apel juga menjadi salah satu buah yang direkomendasikan oleh ADA. Apel disebut bagus dikonsumsi pasien diabetes walaupun apel mengandung karbohidrat dan gula.

Tetapi gula yang ada pada apel merupakan fruktosa yang terbentuk secara alami dan berbeda dengan gula buatan. Apel juga menjadi sumber serat dan banyak makronutrien lain dengan kandungan indeks glikemik hanya sebesar 38.

3. Pisang

makanan rendah indeks glikemikmakanan rendah indeks glikemik Foto: iStock

Makanan untuk penderita diabetes selanjutnya adalah pisang. Buah manis dan lembut ini juga bisa menurunkan risiko diabetes. Pisang memiliki kadar GI yang rendah dan mudah ditemukan di semua musim.

Pisang memiliki kandungan serat yang baik dengan kadar GI sebesar 54. Tetapi, hindari konsumsi pisang terlalu banyak karena mengandung karbohidrat yang sangat tinggi. Selain itu, hindari juga konsumsi pisang yang terlalu matang.

Baca Juga: Orang Tanpa Diabetes Tak Perlu Diet Indeks Glikemik Rendah

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com