Kalori Putih Telur Rebus dan Kuning Telur, Mana yang Paling Sehat?

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 11 Feb 2021 15:00 WIB
Cara Masak Telur Rebus Foto: insider
Jakarta -

Kalori putih telur rebus memang lebih kecil dibandingkan dengan satu butir telur rebus dengan kuning telurnya. Telur menjadi salah satu makanan tinggi protein yang sangat baik dikonsumsi setiap hari.

Protein berfungsi sebagai pembentuk jaringan dan juga memelihara kesehatan otot. Selain itu, telur juga mengandung vitamin, mineral serta omega 3.

Menurut buku Tabel Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram telur dengan putih dan kuningnya mengandung kalori sebesar 154 kkal, 12,4 gram, 10,8 gram lemak, 0,7 gram karbohidrat dan 3 mg zat besi.

Bagi sebagian orang yang memiliki kolesterol atau sedang ingin berdiet, biasanya mengonsumsi telur hanya putihnya saja.

Jika dijabarkan, kandungan kalori putih telur 100 gram adalah 50 kkal, 10,8 gram protein, 0 gram lemak dan 0,8 gram karbohidrat. Sedangkan untuk kalori kuning telur 100 gram sebesar 355 kkal, 16,3 gram protein, 31,9 gram lemak dan 0,7 gram karbohidrat.

Diet telur rebusDiet telur rebus Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital

Dikutip dalam healthline, putih telur mengandung tinggi protein sama seperti kuning telur tetapi lebih rendah kalori dan lemak.

Protein berkualitas tinggi artinya mengandung sembilan asam amino esensial dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi secara maksimal. Protein dapat membantu mengekang nafsu makan sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Mendapatkan cukup protein juga penting untuk menjaga dan membangun otot, terutama jika Anda mencoba menurunkan berat badan.

Rendah lemak dan bebas kolesterol

Banyak yang beranggapan bahwa makan putih telur dianggap lebih sehat daripada makan telur utuh. Akan teapi penelitian menunjukkan bahwa bagi kebanyakan orang, kolesterol dalam telur bukanlah masalah.

Namun untuk orang dengan hyper-responders memiliki gen yang mempengaruhi mereka terhadap kolesterol tinggi seperti gen ApoE4. Untuk orang-orang atau individu dengan kolesterol tinggi, putih telur bisa jadi pilihan yang lebih baik.

Selain itu, dalam kalori putih telur juga hampir tidak mengandung lemak sehingga tentu kalorinya lebih rendah daripada telur utuh. Sehingga bisa jadi pilihan yang baik untuk orang yang sedang membatasi asupan kalori atau menurunkan berat badan.



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com