Toleransi Kafein, Begini Efek Kafein bagi Tubuh dan Cara Mengatasinya

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 11 Feb 2021 06:00 WIB
Toleransi Kafein, Begini Efek Kafein bagi Tubuh dan Cara Mengatasinya Foto: Getty Images/iStockphoto/amenic181

1. Gabungan Protein dan Serat

Protein tanpa lemak yang dipasangkan dengan karbohidrat kaya serat akan memberikan energi yang bertahan lama. Misalnya yogurt rendah lemak dengan irisan buah, apel dengan selai kacang, atau wortel dan keju.

2. Smoothie

Sayuran hijau mengandung nitrat alami yang dapat berubah menjadi oksida nitrat. Senyawa ini dapat membantu membuka pembuluh darah dan membantu lebih banyak energi oksigen dan nutrisi masuk ke dalam otak dan sel-sel tubuh.

Toleransi Kafein, Begini Efek Kafein bagi Tubuh dan Cara MengatasinyaToleransi Kafein, Begini Efek Kafein bagi Tubuh dan Cara Mengatasinya Foto: Getty Images/iStockphoto/amenic181

3. Bit Latte

Tidak menggunakan kopi, bit latte merupakan gabungan bubuk buah bit dengan susu hangat dan tambahan kayu manis serta sedikit madu. Bit diketahui juga memiliki kadar nitrat yang cukup tinggi.

4. Hidrasi

Hidrasi menjadi cara yang paling aman dilakukan untuk mencegah kelelahan. Hidrasi tidak sekadar tentang minum air putih, tetapi kamu juga bisa mencoba teh herbal di pagi hari setelah bangun tidur.

5. Bergerak

Aktivitas fisik mampu meningkatkan detak jantung yang membuat darah akan mengalir dengan baik ke seluruh tubuh. Aliran darah yang baik akan mengirimkan semua oksigen dan nutrisi untuk masuk ke otak dan otot untuk meningkatkan energi tubuh.

Baca Juga: 9 Efek Minum Kopi Terlalu Banyak, Sakit Kepala hingga Insomnia

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com