Daftar Makanan Penyebab Jerawat Menurut dr. Richard Lee

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 08 Feb 2021 19:00 WIB
makanan untuk cegah jerawat Foto: Thinkstock
Jakarta -

dr. Richard Lee terkenal sebagai dokter kecantikan yang aktif di media sosial. Ia kerap mengunggah video edukasi soal aspek keamanan produk skincare.

dr. Richard Lee akan mengungkap jika suatu produk skincare mengandung bahan berbahaya seperti merkuri atau hidrokuinon. Informasi ini bertujuan agar masyarakat tidak menggunakannya.

Dari konten edukasi ini, dr. Richard Lee berseteru dengan artis Kartika Putri. Cerita berawal saat dr. Richard Lee mengungkap produk skincare yang di-endorse Kartika Putri termasuk yang berbahaya.

Kartika Putri geram dengan hal ini dan merasa nama baiknya dicemarkan. Buntutnya, kedua belah pihak saling melapor polisi. Hingga saat ini, masalah di antara keduanya masih bergulir.

dr. richard leeDaftar Makanan Penyebab Jerawat Menurut dr. Richard Lee Foto: Instagram @dr.richard_lee •

Mengenai konten dr. Richard Lee yang lain, ada banyak informasi seputar perawatan kulit dan makanan yang ia bagikan. Salah satunya mengenai jerawat.

Ia menuturkan soal makanan penyebab jerawat dan makanan yang bisa mengatasinya. Semua informasi ini ia dapatkan dari jurnal dan penelitian, bukan informasi yang bersifat "katanya-katanya".

Dikutip dari YouTube-nya (1/11/20), berikut 5 makanan penyebab jerawat menurut dr. Richard Lee:

Penyebab jerawat

"Penyebab jerawat itu ada dua, faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal ini apa sih? Salah satunya salah pakai skincare, pakai skincare abal-abal, yang mengandung merkuri, atau hidrokuinon," ujarnya. Hal lain adalah kebiasaan memegang-megang wajah usai memegang benda kotor.

Sementara faktor internal, bisa berupa keturunan. Lalu ada makanan yang menurut dr. Richard Lee sebagai faktor eksternal, namun mempengaruhi internal.

"Kalau kita makan sesuatu, itu pengaruh ke hormonal kita sehingga rentan terjadinya jerawat," tambahnya. Makanan mengambil porsi yang besar dalam hal memicu jerawat.

Baca Juga: Ribut-ribut Kartika Putri dengan Dokter Lee, Saling Balas Komentar

Makanan dengan indeks glikemik tinggi

Kesal Diselingkuhi, Wanita Ini Pesan Bubble Tea Untuk Siram KekasihnyaDaftar Makanan Penyebab Jerawat Menurut dr. Richard Lee Foto: iStock

Makanan dengan indeks glikemik tinggi adalah makanan yang kaya akan gula. Misalnya minuman kopi kekinian, minuman boba, minuman kaleng, minuman botol, dan ragam cookies atau kue. "Itu gulanya banyak banget," jelasnya.

Hubungannya adalah ketika seseorang mengasup makanan/minuman tinggi gula, makanan itu merangsang indeks insulin tinggi dalam tubuh. "Dan akhirnya merangsang hormon androgen jauh lebih tinggi dan merangsang kelenjar sebum untuk produksi jauh lebih banyak sehingga rentan terjadinya jerawat," kata dr. Richard Lee.

Produk susu

"Produk susu sapi, yogurt, keju, es krim (bisa menyebabkan jerawat)," tuturnya. Khusus untuk es krim, dr. Richard Lee bahkan mengatakan makanan ini termasuk produk susu dan merupakan makanan tinggi gula.

Karenanya konsumsi es krim menurut dr. Richard Lee bersifat 'double impact' untuk penyebab munculnya jerawat. "Harus kalian hindari, termasuk juga produk susu untuk gym karena tinggi protein," tambahnya.

Junk food

assorted junk foodDaftar Makanan Penyebab Jerawat Menurut dr. Richard Lee Foto: iStock

dr. Richard Lee bilang junk food, sesuai namanya, merupakan makanan sampah yang tidak ada gizinya sama sekali. Konsumsi junk food ternyata juga bisa memicu jerawat.

"Dia (junk food) menghancurkan oksidan dalam tubuh kita atau kita sebutnya sebagai radikal bebas," jelasnya. Makanan yang termasuk junk food antara lain fried chicken, pizza, kentang goreng, hot dog, sampai milkshake.

Makanan untuk mengatasi jerawat

Ada banyak makanan yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk mencegah timbulnya jerawat. Salah satunya adalah makanan omega 3 yang bersifat antiinflamasi sehingga bisa meredakan keparahan jerawat.

"Kacang mete, kacang almond, bisa dikonsumsi. Kalau katanya kacang itu menyebabkan jerawat, itu hoax," sebutnya. Karena menurut penelitian, kacang itu baik untuk jerawat karena sifatnya menurunkan inflamasi.

kacang almondDaftar Makanan Penyebab Jerawat Menurut dr. Richard Lee Foto: iStock

Makanan omega 3 lainnya adalah ikan. Usahakan makan ikan yang direbus atau ditim saja, jangan yang digoreng.

Makanan lain yang bagus untuk mengatasi jerawat adalah makanan probiotik. "Karena probiotik itu menaikkan mikroorganisme baik dalam tubuh kita dan membunuh mikroorganisme organisme jahat," ujarnya.

Perbanyak juga konsumsi teh hijau dan sayuran. Sebab prinsipnya, makanan yang sehat akan berdampak baik pada tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Jerawat Makin Parah

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com