Apa Itu Kalori dan Cara Menghitungnya

Diah Afrilian - detikFood Senin, 08 Feb 2021 16:30 WIB
Cara Menghitung Kalori Foto: Getty Images/staticnak1983

Berapa Banyak Kebutuhan Kalori Harian?

Kebutuhan kalori dipengaruhi oleh beberapa faktor yang ada pada tubuh. Seperti tinggi dan berat badan, usia, jenis kelamin serta aktivitas.

Pada wanita dewasa umumnya dibutuhkan sebesar 1600 - 24000 kalori per hari. Sedangkan pada pria dewasa dibutuhkan 2000 - 3000 kalori per hari.

Baik pada pria maupun wanita dewasa, setidaknya harus mendapatkan 20% - 35% total kalori dari lemak dan 45% - 65% dari total kalori dari karbohidrat serta 10% - 35% total kalori dari protein. Jumlah kalori yang terkandung dari setiap jenisnya memiliki pengukuran yang sama.

Cara Menghitung Kalori

Cara Menghitung KaloriCara Menghitung Kalori Foto: Getty Images/staticnak1983

Menurut jurnal JMIR mHealth dan uHealth, menghitung kalori tidak cukup untuk menurunkan berat badan dan tidak sebanding dengan perubahan pola makan dalam waktu singkat. Sistem penghitungan kalori in lebih rumit daripada menghitung asupan kalori dan jumlah kalori yang keluar.

Menurunkan berat badan juga dipengaruhi dengan beberapa variabel sebagai berikut:

- Pergeseran hormonal: ketidak simbangan hormon akan menyulitkan tubuh mengenal rasa kenyang dan lapar yang mengakibatkan kenaikan berat badan.

- Status sosial: memiliki akses terbatas ke makanan sehat yang terjangkau juga menjadi faktor yang memengaruhi kenaikan berat badan.

- Keturunan: keturunan dapat memengaruhi bagaimana orang mengalami kenaikan dan penurunan berat badan berdasar tingkat metabolisme.

- Keseimbangan energi: kenaikan berat badan juga bisa saja dipengaruhi tidak adanya aktivitas fisik yang cukup untuk mengeluarkan energi.

- Stres: stres termasuk salah satunya gangguan tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak terkendali.

Fokus penting untuk menurunkan berat badan bukan hanya mengatur jumlah asupan kalori dengan pembakaran kalori. Menurunkan berat badan juga butuh perencanaan makan yang seimbang dengan konsumsi makronutrien yang cukup serta perhatian terhadap kualitas makanan yang dikonsumsi.

Baca Juga: Daftar Kalori Makanan Sehari-hari untuk Diet Jaga Berat Badan

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(sob/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com