Daftar Kalori Makanan Sehari-hari untuk Diet Jaga Berat Badan

Puti Yasmin - detikFood Senin, 13 Apr 2020 05:30 WIB
Pengurangan Kalori Foto: Thinkstock/Daftar Kalori Makanan
Jakarta -

Setiap manusia tentu memerlukan kalori untuk beraktivitas. Namun, untuk menjaga berat badan ada baiknya mengetahui daftar kalori makanan.

Kebutuhan kalori wanita dan pria juga berbeda setiap harinya. Untuk wanita membutuhkan rata-rata 2.000 kalori per hari dan pria 2.500 kalori per hari.

Berikut Daftar Kalori Makanan dan Minuman:

1. Nasi

Nasi menjadi makanan yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Indonesia. Kalori yang terkandung dalam satu piring nasi atau sekitar 80 gram sebanyak 272 kalori.

2. Telur

Bagi kamu pecinta telur, kalori dari makanan ini sebesar 72 gram bila direbus matang. Sedangkan bila dijadikan telur ceplok goreng menjadi 110 kalori.

Penambahan satu sendok makan margarin akan membuat kalori telur menjadi 262 Kkal dan satu sendok makan minyak goreng menjadi 286,6 Kkal per 100 gram telur.

Daftar Kalori MakananDaftar Kalori Makanan Foto: Istimewa

3. Teh Manis

Selain makanan, kamu juga harus memerhatikan minuman yang kamu konsumsi. Bila mengonsumsi teh manis dalam botol 340 gram maka kandungan kalorinya antara 129-143 Kkal.

Sedangkan untuk membuat teh di rumah, yang harus kamu perhatikan adalah penggunaan gulanya. Dikutip dalam APKI, jika kamu membuat teh dengan 200 ml air dengan 2 sdm gula pasir berarti kamu telah mengonsumsi sekitar 80-104 Kkal.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk menghitung kalori makanan yang telah dikonsumsi. Dengan begitu, program diet menjaga berat badan bisa terus terjaga.

4. Susu

Bila teh mengandung kalori hingga 143 Kkal, susu dengan ukuran yang sama memiliki kandungan yang lebih tinggi, yakni 220 Kkal. Nah, perhatikan dengan betul ya kalori yang kamu konsumsi.

Daftar Kalori MakananDaftar Kalori Makanan Foto: Getty Images

5. Ayam Goreng

Siapa yang tidak suka ayam goreng? Makanan enak ini mengandung 196 kalori untuk ayam tanpa tulang dengan berat 50 gram. Sedangkan ayam goreng dengan campuran tepung terigu memiliki kalori yang lebih tinggi, yaitu 251 dan lemak 17 gram.

6. Tahu dan Tempe

Tahu yang belum digoreng memiliki kalori sebesar 144 per 100 gramnya. Sedangkan, satu porsi tempe goreng atau dua potong sedang memiliki kalori sebesar 164 dan lemak 11 gram.

Daftar Kalori MakananDaftar Kalori Makanan Foto: iStock

7. Kacang-kacangan

Daftar kalori makanan terakhir adalah kacang-kacangan (macadamia). Makanan ini mengandung 718 kalori per 100 gram lho. Jadi, jika kamu ingin cemil kacang pikir-pikir dulu ya.



Simak Video "Kesuksesan Sop Kaki Sapi Spesial Pak Karto di Jl Biak Jakpus"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)