Apa Itu Kalori dan Cara Menghitungnya

Diah Afrilian - detikFood Senin, 08 Feb 2021 16:30 WIB
Cara Menghitung Kalori Foto: Getty Images/staticnak1983
Jakarta -

Saat ingin menurunkan berat badan, kamu pasti berfokus pada pembakaran kalori. Sebenarnya apa itu kalori dan bagaimana cara menghitungnya yang tepat?

Sebagian besar tujuan orang melakukan diet adalah agar penampilannya lebih menarik dengan berat badan yang ideal. Banyak yang melakukan penekanan mengurangi asupan kalori dan membakar kalori sebanyak-banyaknya untuk menurunkan berat badan.

Kalori dipercaya sebagai bagian yang ada di dalam tubuh yang harus dihilangkan agar tubuh lebih ideal. Membatasi asupan makan, olahraga keras serta banyak usaha yang dilakukan semata-mata untuk mengurangi kalori dari dalam tubuh.

Apakah benar kalori menjadi satu-satunya yang berpengaruh pada berat badan? Lalu bagaimana menghitung kalori untuk tubuh yang ideal?

Berikut ini telah dirangkum dari Livestrong (25/7) berbagai hal yang harus diketahui tentang kalori.

Apa itu Kalori?

Cara Menghitung KaloriCara Menghitung Kalori Foto: Getty Images/staticnak1983

USDA mendefinisikan kalori sebagai pengukuran jumlah energi yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1 kilogram air sebesar 1 derajat Celcius. Sedangkan, kilocalorie adalah ukuran energi yang dihasilkan dalam makanan yang dikonsumsi.

Jika berbicara tentang makanan dan berat badan, maka istilah yang tepat untuk digunakan adalah kilocalorie. Jadi jika dikatakan sebuah makanan mengandung 2000 kalori maka itu pernyataan yang salah, seharusnya 2 kilocalorie (kcal).

Bagaimana Tubuh Membakar Kalori?

Kalori akan diubah oleh tubuh menjadi energi. Kalori yang terkandung dalam makanan dan minuman akan bergabung denan oksigen dan melepaskan energi yang diperlukan tubuh untuk berfungsi.

Proses ini dikenal dengan metabolisme. Semakin banyak bergerak maka metabolisme akan semakin membutuhkan energi yang mengharuskan tubuh membakar lebih banyak kalori.

Baca Juga: Makan Siang untuk Diet yang Sehat dan Rendah Kalori https://food.detik.com/info-sehat/d-5358599/makan-siang-untuk-diet-yang-sehat-dan-rendah-kalori

Metabolisme sendiri dipengaruhi oleh beberapa variabel berikut:

Cara Menghitung KaloriCara Menghitung Kalori Foto: Getty Images/staticnak1983

- Komposisi tubuh: semakin banyak massa otot maka dibutuhkan semakin banyak kalori. Hal ini karena otot akan bermetabolisme lebih aktif saat istirahat.

- Perubahan usia: semakin tua seseorang, maka kalori yang dibutuhkan akan semakin sedikit. Hal ini terjadi karena tubuh akan kehilangan banyak otot sehingga kalori yang dibutuhkan lebih sedikit.

- Penyakit kronis: penyakit kronis akan membuat metabolisme menjadi lebih lambat dan mengurangi pengeluaran energi.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com