5 Fakta Diet Reserve, Cara Menurunkan Berat Badan tanpa Stres

Riska Fitria - detikFood Senin, 08 Feb 2021 10:00 WIB
5 Fakta Diet Reserve, Cara Menurunkan Berat Badan tanpa Stres Foto: iStock
Jakarta -

Ingin menurunkan berat badan tapi tetap bisa makan banyak, kamu bisa mencoba diet reserve. Diet ini berfokus pada penambahan asupan kalori, jadi tak bikin kamu stres.

Kalori adalah hal penting dalam manajemen penurunan atau penambahan berat badan. Pada diet umumnya, kalori harus dikurangi agar bisa memangkas bobot tubuh. Namun, diet ini justru berbanding terbalik.

Diet reserve difokuskan untuk penambahan kalori secara bertahap. Itu lah mengapa diet ini dinamakan diet reserve atau 'terbalik'. Diet ini tidak memiliki aturan soal pantangan jenis makanan.

Jadi, kamu tetap bisa makan enak dan tidak membuat kamu stres. Namun, perlu diketahui juga bahwa di samping manfaatnya yang ada menurunkan berat badan, diet ini juga memiliki manfaat dan kelemahan lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 fakta tentang diet reserve:

1. Apa Itu Diet Reserve

5 Fakta Diet Reserve, Cara Menurunkan Berat Badan tanpa Stres5 Fakta Diet Reserve, Cara Menurunkan Berat Badan tanpa Stres Foto: iStock

Diet reserve merupakan pola makan dengan metode meningkatkan asupan kalori selama beberapa minggu atau bulan. Metode diet itu dapat meningkatkan metabolisme, sehingga membantu membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Biasanya diet ini sering dilakukan oleh binaragawan. Diet ini sering kali dilakukan setelah diet kalori terbatas oleh mereka yang ingin kembali ke pola makan normal tanpa menambah bobot tubuh.

Para ahli gizi yang mendukung diet reserve ini mengatakan bahwa diet ini dapat memberi banyak manfaat. Selain untuk menurunkan berat badan, juga dapat meningkatkan energi dan mengurangi rasa lapar, lapor Healthline.

Baca Juga : Perjalanan Diet Daffa hingga Sukses Turunkan 20 Kilogram

2. Cara Melakukan Diet Reserve

5 Fakta Diet Reserve, Cara Menurunkan Berat Badan tanpa Stres5 Fakta Diet Reserve, Cara Menurunkan Berat Badan tanpa Stres Foto: iStock

Diet reserve atau diet 'terbalik' ini lebih berfokus pada asupan kalori bukan kepada jenis makanan tertentu. Cara melakukan diet reserve adalah meningkatkan asupan kalori sebesar 50-100 kalori setiap minggu.

Jumlah tersebut juga dibarengi dengan komposisi protein yang lebih besar dibandingkan nutrisi lainnya. Pola makan ini dilakukan selama 4 hingga 10 minggu, atau sampai kamu mencapai target.

Dengan melakukan diet reserve ini dapat menormalkan kadar hormon yangbersirkulasi, sepertileptin yang mengatur nafsu makan dan berat badan.Leptin akan berkurang sebagai respon terhadap penguranganasupan kalori.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com