7 Makanan Pahit yang Dapat Turunkan Gula Darah, Baik untuk Diabetes

Diah Afrilian - detikFood Senin, 08 Feb 2021 06:00 WIB
Pare Foto: iStock

4. Minyak Zaitun

Bottle pouring virgin olive oil in a bowl close upBottle pouring virgin olive oil in a bowl close up Foto: iStock

Minyak zaitun dikenal dengan berbagai manfaat yang dapat diberikan oleh tubuh. Minyak zaitun secara spesifik mengandung fitokimia dengan manfaat kesehatan dan rasa yang pahit.

Minyak zaitun dapat digunakan sebagai campuran saat memasak atau bahan masakan. Makanan yang menggunakan minyak ini cenderung menghasilkan lebih sedikit peningkatan glukosa setelah dikonsumsi.

5. Biji Wijen

Biji wijen populer digunakan dalam berbagai masakan Asia. Di Indonesia sendiri biji wijen bahkan digunakan dalam hidangan manis seperti onde-onde dan taburan beragam masakan.

Konsumsi biji wijen dikaitkan dengan peningkatan enzim dan non-enzim antioksidan dan mengurangi stres oksidatif. Bahkan biji wijen juga bermanfaat untuk mengendalikan gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

6. Pare

Pare merupakan salah satu sayuran pahit yang cukup terkenal di Indonesia. Hidangan yang menggunakan pare sebagai campuran bahannya pun sangat banyak. Tumis, sayur atau bahkan siomay.

Pare ternyata dikonsumsi secara luas juga di India, Amerika Selatan, Afrika Timur, Kepulauan Karibia dan banyak negara Asia. Pare memiliki kandungan anti diabetes dan hiperlipidemia yang dapat mengendalikan kadar glukosa juga mencegah komplikasi diabetes.

7. Arugula

arugulaarugula Foto: iStock

Arugula merupakan salah satu tanaman hijau yang datang dari keluarga yang sama dengan bayam dan kembang kol. Arugula mengandung kandungan antidiabetes. Biasa dipakai sebagai campuran salad. Rasanya sedikit pahit.

Etanol dan asam lemak yang ada di dalamnya dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah. Kandungan ini juga berguna untuk mencegah adanya indikasi hiperglikemia dan resisten insulin.

Baca Juga: 5 Makanan Penurun Gula Darah untuk Diabetes, Apa Saja?

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com