Pria yang Doyan Ngopi Lebih Jarang Alami Gangguan Pendengaran

Tim Detikfood - detikFood Sabtu, 06 Feb 2021 06:30 WIB
jangan pesan menu ini di kedai kopi Foto: iStock / Getty Images
Jakarta -

Kopi sudah terbukti mampu mangatasi penyakit hati, diabetes tipe dua, dan memperpanjang usia. Termasuk juga mencegah kanker.

Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa pria yang minum kopi juga dapat mengurangi risiko gangguan pendengaran.

Dikutip dari CNN Indonesia (4/5) para peneliti menemukan bahwa pria yang minum setidaknya satu gelas kopi sehari, 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk kehilangan pendengaran dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Penelitian yang melibatkan tim di Autonomous University of Madrid menggunakan data dari 37 ribu orang di Biobank Inggris - menunjukkan bahwa kopi mungkin memiliki efek menguntungkan pada pendengaran karena sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Menurut penelitian, manfaat tersebut tampaknya sama terlepas dari apakah kopi yang dikonsumsi berkafein atau tanpa kafein, disaring atau tidak disaring.

Namun, tidak ada hubungan antara kopi dan fungsi pendengaran yang ditemukan di antara wanita, yang menurut tim mungkin karena perbedaan fisiologi.

Para peneliti mengatakan, kadar hormon estrogen yang bersirkulasi tinggi, yang lebih banyak dimiliki wanita, melindungi dari gangguan pendengaran terkait usia.

Minum Kopi di Pagi HariPria yang Doyan Ngopi Lebih Jarang Alami Gangguan Pendengaran. Foto: iStock

Sementara, untuk pria yang memiliki kadar estrogen lebih rendah daripada wanita - melihat manfaat dari makanan seperti kopi lebih terbukti jelas.

"Konsumsi kopi mungkin memiliki efek menguntungkan pada fungsi pendengaran karena sifat antioksidan dan anti-inflamasi dari beberapa senyawanya," kata para peneliti, dikutip dari Independent UK.

Studi tersebut memantau asupan kopi dari 36.923 pria dan wanita paruh baya dan lebih tua selama 11 tahun. Pada awal penelitian, pendengaran mereka diperiksa dan sekali lagi sebagai tindak lanjut.

Dari pemeriksaan itu, hasilnya dianalisis dengan cara yang memperhitungkan dampak potensial pada pendengaran.

Mulai dari faktor kesehatan lain hingga gaya hidup seperti apakah mereka merokok atau tidak, serta pernah terkena suara keras atau tidak.

Hasil penelitian itu lantas menunjukkan bahwa pria yang minum antara satu hingga empat setengah cangkir kopi sehari cenderung tidak mengalami gangguan pendengaran.

Namun, Dr Marcos Machado-Fragua yang merupakan bagian dari tim peneliti, memperingatkan bahwa kopi tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan dalam upaya mencegah gangguan pendengaran. Terutama pada orang yang memiliki masalah kesehatan terkait dengan konsumsi kafein.

Badan Keamanan Pangan Eropa merekomendasikan bahwa orang dewasa tidak boleh minum lebih dari 400 gram kafein sehari atau sekitar empat cangkir kopi.



Simak Video "Menikmati Kehangatan Kopi Bir Khas Boyolali"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com