5 Tips Minum Kopi Tanpa Gangguan Sakit Perut

Devi Setya - detikFood Senin, 01 Feb 2021 05:00 WIB
Banyak Kopi yang Diminum Tak Pengaruhi Kinerja Kafein Dalam Tubuh Foto: iStock
Jakarta -

Sering mengeluh sakit perut usai minum kopi? Coba pilih jenis kopi yang sesuai untuk perut sensitif dan ikuti beberapa tips agar perut tetap nyaman usai menikmati kopi favorit.

Kopi punya aroma dan rasa nikmat yang menggoda selera, tapi sayangnya sebagian orang tak bisa menikmati kopi karena memicu masalah di perut. Meskipun kopi bukan satu-satunya penyebab gangguan pada perut, tapi bagi orang dengan sistem pencernaan sensitif, kopi memang bisa menimbulkan efek mulas dan mual.

Banyak orang menganggap kandungan dan rasa asam pada kopi lah yang mengundang masalah di perut. Dilansir dari Healthline (31/1) ada beberapa zat alami dalam kopi yang menjadi pemicu sakit perut yakni kafein, katekol, dan alkanoly-5.

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 1998 menemukan bahwa kopi berkafein merangsang aktivitas usus besar hingga 23% lebih banyak daripada kopi tanpa kafein. Hal ini menunjukkan bahwa kafein secara signifikan merangsang usus yang menjadi satu penyebab timbulnya sakit perut.

Bagi orang yang memiliki masalah lambung, kafein dapat meningkatkan produksi asam lambung. Jika lambung kamu sensitif maka sedikit kopi saja masuk ke lambung, maka langsung akan terasa perut melilit karena iritasi.

Beberapa masalah kesehatan memang berkaitan dengan efek sakit perut yang ditimbulkan usai minum kopi, tapi bukan berarti kamu tak bisa menikmati kopi sama sekali.

Berikut tips untuk mengurangi sakit perut usai minum kopi.

1. Pilih kopi jenis 'dark roast'

kulit biji kopi5 Tips Minum Kopi Tanpa Gangguan Sakit Perut Foto: iStock

Biji kopi yang dipanggang lebih lama ternyata mengandung N-methylpyridinium (NMP) yang lebih banyak. Zat ini merupakan kandungan dalam kopi yang memiliki efek berlawanan dengan kafein sehingga mengurangi iritasi lambung.

Jenis kopi ini juga membantu menurunkan produksi asam lambung sehingga meminimalisir gangguan sakit perut. Kopi dark roast memang terasa lebih pekat dan pahit tapi bukan berarti akan kehilangan rasa nikmatnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Unik! Menyeruput Kopi Rasa Nasi Kuning"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com