5 Makanan Penyebab Kanker yang Harus Dihindari

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 04 Feb 2021 20:00 WIB
kesalahan dalam masak sosis Foto: iStock
Jakarta -

Makanan penyebab kanker umumnya adalah makanan yang sudah diproses seperti daging olahan hingga minuman beralkohol. Kanker bisa disebabkan oleh beberapa faktor dan salah satunya adalah pola makan yang tidak sehat.

Setiap orang sebenarnya memiliki sel kanker di dalam tubuh yang tidak terdeteksi dalam pemeriksaan standar sampai sel-sel tersebut berkembang biak saat ada pemicunya hingga berjumlah banyak.

Hari ini pada (04/02/2021) bertepatan dengan Hari Kanker Sedunia. Tujuan utama Hari Kanker Sedunia untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker secara signifikan.

Untuk mencegah terjadinya kanker, ada beberapa makanan penyebab kanker yang perlu dihindari :

1. Daging merah dan daging olahan

Daging merah yang termasuk daging sapi, kambing serta domba yang telah diasinkan, diawetkan atau diasapi untuk meningkatkan rasa bisa meningkatkan risiko kanker.

Dikutip dalam Health US News, Jeannete Schenk seorang peneliti kesehatan masyarakat dalam program pencegahan kanker di Fred Hutchinson Cancer Research Cener di Seattle, mengatakan bahwa "ada banyak studi epidemiologi yang melaporkan hubungan dengan asupan tinggi daging olahan dan daging merah dengan peningkatan insiden kanker dan kematian."

2. Gula yang diproses

Gula menjadi salah satu makanan penyebab kanker karena gula memberi makanan pada sel kanker, melemahkan sistem daya tahan tubuh dengan melemahkan kesanggupan tubuh dalam memerangi infeksi.

Beberapa jenis gula yang dapat meningkatkan kanker seperti siklamat serta pemanis buatan.

3. Alkohol

Alkohol sebenarnya adalah sejenis gula yang termasuk dalam daftar makanan yang dapat meningkakan risiko kanker. Alkohol menjadi faktor risiko untuk kanker mulut, esofagus, hati, payudara dan pankreas.

Selain itu, mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan berat badan naik.

4. Lemak dan minyak yang diproses

Lemak dan minyak bisa jadi makanan pencegah kanker. Karena mengonsumsi lemak dan minyak secara berlebih dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan memperhebat metastasis kanker.

Lemak dan minyak yang diproses juga dapa menghasilkan persenyawaan yang karsinogenik dan dapat mengakibatkan peradangan. Lemak juga dapat mengalirkan za karsinogenik dalam aliran darah.

5. Soda

Dikutip dalam Active Feel, pada umumnya soda memang tidak sehat karena kadar gula yang sangat tinggi dan dapat berkontribusi terhadap kenaikkan berat badan, peradangan, dan resistensi insulin.

Bahkan bukan hanya itu, soda juga mengandung pewarna dan bahan kimia buatan seperti turunan 4-methylimidazole (4-MI) yang dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.



Simak Video "Slurp! Ternyata Kaktus Bisa Dibuat Jadi Es Segar"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DRooftalk
×
Lebaran Dilarang Mudik
Lebaran Dilarang Mudik Selengkapnya