Manfaat Teh Serai untuk Kesehatan, Bisa Bikin Panjang Umur!

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 22 Jan 2021 08:00 WIB
Manfaat Teh Serai untuk Kesehatan, Bisa Bikin Panjang Umur! Foto: Getty Images/iStockphoto/pimonpim
Jakarta -

Di balik rasanya yang nikmat, teh serai punya banyak manfaat. Salah satu manfaat teh serai untuk kesehatan adalah memperpanjang umur.

Teh merupakan minuman herbal yang kaya akan nutrisi dan bermanfaat untuk tubuh. Teh disebut mampu menjaga tubuh tetap sehat dan menghindarkan berbagai ancaman penyakit jika dikonsumsi rutin dan dengan cara yang benar.

Ada beberapa racikan teh yang ditambahkan beberapa bahan herbal atau rempah sehingga memiliki khasiat-khasiat tertentu yang berguna bagi tubuh. Misalnya teh madu atau teh ginseng untuk meningkatkan stamina.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Inggris, ada satu racikan teh yang bahkan dapat memperpanjang umur. Campuran teh dan serai dikatakan dapat mencegah berbagai penyakit kronis penyebab utama kematian.

Salah satunya penyakit jantung yang dikatakan sebagai pembunuh utama secara global dalam 20 tahun terakhir. Mengutip dari Express UK (17/1), begini ternyata penjelasan soal manfaat teh serai sebagai rahasia panjang umur.

Teh serai memiliki manfaat menyehatkan jantung. Hal ini karena kandungan dan kemampuan yang dimiliki oleh kedua bahan utamanya yaitu teh dan serai.

Baca Juga: 5 Makanan Enak Ini Bikin Pria Panjang Umur

Manfaat Teh Serai untuk Kesehatan, Bisa Bikin Panjang Umur!Manfaat Teh Serai untuk Kesehatan, Bisa Bikin Panjang Umur! Foto: Getty Images/iStockphoto/pimonpim

Teh dan serai memiliki kemampuan untuk menangkal penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan penumpukan kolesterol buruk. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian yang melibatkan 72 partisipan.

Pada penelitian tersebut, dilakukan observasi terhadap partisipan usai diberikan teh serai dan teh hijau untuk diminum. Di akhir masa observasi, peneliti menemukan hasil yang cukup mengagumkan.

Partisipan yang diberi minum teh serai, mengalami penurunan tekanan darah sistolik sedang dan peningkatan ringan tekanan darah diastolik.

Partisipan yang minum teh serai juga memiliki detak jantung yang lebih rendah dan stabil. Tekanan darah sistolik dan diastolik adalah dua angka yang digunakan untuk mencatat tekanan darah tinggi.

Baca manfaat teh serai untuk kesehatan di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com